Akibat Dampak Buruk dari Minum Kopi


Akibat Dampak Buruk dari Minum Kopi
Akibat Dampak Buruk dari Minum Kopi. Kopi menjadi sebuah tren tersendiri dikalangan masyarakat modern. Sebagai bagian dari hidup cepat. Kopi membuat orang semua bersemangat. Sama halnya dengan minum teh pagi hari atau sore hari, kopi biasa diminum pada pagi hari untuk menambah semangat. Banyak kedai teh didirikan. Banyak inovasi dalam penyajian kopi saat ini yang menyediakan berbagai pilihan nikmat. Kopi menjadi minuman yang tidak akan pernah membosankan.

Senikmat apapun kopi, orang harus berhati-hati dengan dampak negatif dari minum kopi secara berlebihan. Secangkir kopi sehari bisa melancarkan  peredaran darah, namun konsumsi kopi berlebihan membuat ketergantungan yang seharusnya bisa dihindari. Kandungan kafein dalam kopi apabila kadarnya terlalu banyak didalam darah juga tidak baik untuk kesehatan. Berikut adalah dampak  buruk dari minum kopi :
  

Akibat Minum Kopi

Memicu Kegelisahan
Efek dampak buruk dari minum kopi adalah memicu kegelisahan. Hal ini diakibatkan oleh kandungan kafein dalam kopi yang membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga mengakibatkan gelisah. Namun demikian, tidak semua orang mengalami efek ini, pada beberapa orang menunjukkan resistensi, gelisah seperti ini tidak pernah ditemukan, namun bagi beberapa orang lain, minum kopi walau sedikit bisa memicu kegelisahan, bahkan pada efek lebih lanjut orang bisa gemetar lebih hebat.

Sebaiknya, bagi orang yang menunjukkan gejala kegelisahan hebat lebih baik menghindari mengkonsumsi kopi. Kopi memang membantu kita untuk terus terjaga selama beberapa lama, namun karena mengkonsumsi berlebihan , kegelisahan, tidak bisa tidur juga bisa terjadi. Jadi sebaiknya batasi minum kopi maksimal 3 cangkir dalam sehari.

Jantung Berdebar
Efek lain dari minum kopi adalah jantung berdebar. Kondisi ini diakibatkan karena kandungan kafein dalam kopi bisa mempercepat denyut jantung, mempengaruhi saraf pada otak sehingga kopi tidak dianjurkan bagi orang yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi dan jantung. Walau satu cangkir kopi sehari bermanfaat baik untu kesehatan, namun bagi anda yang mempunyai masalah dengan kopi sebaiknya menghindari minum kopi.

Sakit Kepala
Kafein dalam kopi bisa mengakibatkan sakit kepala. Hal ini bisa terjadi apabila orang mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir setiap harinya. Kopi memang sering digunakan untuk anti nyeri bahkan dalam beberapa obat sakit kepala menyertakan kafein dalam racikannya. Namun apabila berlebihan, kadar kafein dalam darah akan memicu efek sebaliknya. Kadar kafein berlebih akan mengakibatkan sakit kepala.

Mual
Minum kopi juga akan membuat perut mual. Kandungan kafein membuat asam lambung naik. Karenanya perut menjadi mual dan sebah dan terkadang ingin muntah. Bagi yang menunjukkan tanda-tanda resisten akan baik-baik saja dalam beberapa waktu, namun lambat laun seiring meningkatnya frekuensi minum kopi maka masalah mual ini akan datang juga. Solusinya adalah membatasi konsumsi kopi per harinya. Bila kondisi mual sudah parah maka sebaiknya stop minum kopi atau teh dan beralih keminuman yang lebih sehat.

Insomnia
Efek samping yang banyak dicari namun terkadang  dihindari oleh sipenikmat kopi adalah insomnia atau efek begadang. Kopi memang terkenal untuk teman begadang karena kandungan kafeinnya membantu kinerja jantung dan membuat orang waspada sehingga sulit tidur. Efek yang satu ini sering dimanfaatkan oleh sipekerja untuk tetap terjaga sepanjang malam. Tentunya ada efek lain dari keadaan insomnia ini yaitu kurangnya konsentrasi. Semuanya jadi tidak fokus karena sebenarnya tubuh sudah lelah namun dipaksa untuk bangun.

Itulah beberapa akibat minum kopi yang harus anda ketahui sebelum terlambat, sebenarnya ada baiknya juga minum kopi, tapi jangan terlalu berlebihan. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

Berlangganan untuk email update gratis: