Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa


Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa
Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa. Mungkin anda pernah lupa menyimpan suatu benda, anda sudah mencari kemana-mana tapi tidak ada. Pasti kondisi ini membuat anda kesal dan emosi. Penyakit lupa pada orang yang sudah lanjut usia atau yang biasa disebut pikun adalah hal yang wajar. Tapi bila penyakit lupa ini menimpa orang yang usianya masih muda, tentu menjadi pertanyaan apa sebenarnya penyebab penyakit lupa itu sendiri.


Penyebab Penyakit Lupa

Alkohol dan Narkoba
Seseorang yang berada dalam pengaruh alkohol dan narkoba pasti sering lupa atas apa yang telah dia lakukan. Ini disebabkan fungsi otak melemah karena sel pada jaringan otak tidak berfungsi.

Penyakit Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit yang biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia. Penyakit ini secara perlahan menguras memori sehingga menghilangkan ingatan. Orang yang menderita alzheimer biasanya akan merasa mudah cemas, sensitif, dan kacau pikirannya. Selain itu, alzheimer akan membuat penderita menjadi gampang lelah karena berusaha mengingat apa yang terjadi dalam kehidupannya.

Kurang Tidur
Kurang tidur bisa menyebabkan kinerja otak kurang maksimal dan penyakit lupa bisa saja menghampiri. Bila anda kurang tidur maka pikiran menjadi kurang fokus dan perasaan ngantuk pun mendera. 

Gangguan Fisik
Benturan pada bagian kepala bisa menyebabkan amnesia atau penyakit yang bisa membuat memori otak menghilang. Biasanya benturan ini disebabkan oleh cedera atau kecelakaan.

Stress
Saat anda stress maka otot akan menegang dan gelisah menghampiri. Ini berakibat otak harus bekerja keras, sehingga proses menyimpan dan mengingat informasi akan terhambat.

Overload
Sebuah penelitian klinis di Glasgow menyatakan, orang menjadi lebih pelupa dikarenakan gaya hidupnya yang sibuk dan kelebihan informasi yang mereka terima.

Tiroid 
Gangguan tiroid, seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme, dapat mempengaruhi (kebingungan) mental dan ketidakmampuan mengingat hal-hal untuk waktu yang lama. 

Diet yang Tidak Sehat 
Diet yang tidak sehat bisa menyebabkan kekurangan vitamin yang penting dan gizi dalam tubuh, untuk itu dietlah yang teratur dan seimbang.

Jika anda terkena penyakit lupa janganlah khawatir karena selalu ada solusi dari sebuah permasalahan. Di bawah ini adalah cara mengatasi penyakit lupa:


Mengatasi Penyakit Lupa


Istirahat yang Cukup
Tubuh dan pikiran anda perlu istirahat setelah seharian beraktivitas.
   
Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi
Konsumsilah makanan yang bergizi dan bernutrisi empat sehat lima sempurna, agar tercipta pola hidup sehat. Bila nutrisi anda terpenuhi maka kerja otakpun akan baik.

Konsumsi Vitamin E
Vitamin E mampu meningkatkan kerja otak. Maka, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Choline
Choline mampu meningkatkan daya ingat dan daya pikir. Konsumsilah makanan yang
mengandung choline seperti hati ayam, telur, dan kedelai.

Olahraga Secara Rutin
Berolahraga secara rutin akan memperlancar peredaran oksigen dalam otak. Suplai oksigen yang cukup pada otak akan membuat otak  mengoptimalkan fungsinya. Dengan melakukan olah raga rutin dan teratur juga akan membantu dalam pertumbuhan sel-sel baru dalam otak.

Buat catatan
Jika anda memang pelupa, maka catatlah hal-hal yang sekiranya penting untuk anda ingat atau hal yang akan anda lakukan.

Letakkan Benda di Tempat yang Sama
Meletakkan benda pada tempat yang sama dapat membantu anda menghindari penyakit lupa.

Lakukan Test Otak
Anda bisa melatih otak anda dengan bermain catur dan membaca buku. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan kinerja otak untuk mengingat apa yang dilihat, dikerjakan, dan dilakukan.

Penyakit lupa memang harus segera diatasi karena dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Bila anda memang seseorang yang pelupa, anda bisa mencoba solusi-solusi yang sudah dipaparkan Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa di atas. Selain itu bagi anda yang ingin menghilangkan penyakit radang tenggorokan, baca: Mengatasi Radang Tenggorokan.

Berlangganan untuk email update gratis: