Manfaat Baik Berenang untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Baik Berenang untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Baik Berenang untuk Kesehatan Tubuh. Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang juga meupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi ( non weight barring). Berenang terbilang minim resiko cedera fisik karena saat berenang seluruh tubuh /badan ditahan oleh air atau mengapung, selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil dan penderita ganguan pesendian tulang (arthritis).

Dalam renang tubuh akan membakar sekurang-kurangnya 275 kalori /jam setara dengan bersepeda dan jalan cepat,meski kalori yang terbakar tak sebanyak dengan lari atau tenis, misalnya karena renang itu menyenangkan bisa jadi akan dilakukan lebih lama sehingga kalori yang dibakar bisa lebih banyak.Berenang juga merupakan latihan terbaik untuk membakar lemak , melangsingkan dan mengecangkan tubuh.

Berenang merupakan olahraga yang aman karena tidak membebani sendi,banyak yang tak tahu bahwa berenang adalah pengalaman yang menggembirakan dan yang paling tepenting banyak manfaatnya bagi kesehatan, manfaat berenang juga berhubungan dengan perasaan yang menyenangkan ,relaksasi, dan rekreasi.Bagi wanita hamil sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga ini karena dapat memperkuat kedua otot yaitu otot perut dan otot bawah.


Manfaat Berenang

Mencegah Obesitas
Berenang adalah latihan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan dan mencegah obesitas ,kegiatan ini akan membakar lebih banyak kalori yang di bakar dalam tubuh kita .

Membentuk dan Menguatkan Otot
Kepadatan air lebih besar 12 kali lipat darapada udara, membuat setiap gerakan tubuh air seolah melewati hambatan hal inilah yang menjadikan renang mempunyai intesitas sama seperti aerobik .seseorang menyelesaikan program renang dalam 8 minggu mengalami peningkatan massa otot trisep sebesar 23.8% selain itu berenang secara tepat dengan ritme yang teratur dapat meningkatkan tiga hal yaitu ketahanan kardio,kekuatan dan ketahana otot.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Efisiensi jantung memompa darah ke seluruh tubuh dapat menigkatkan dengan berenang secara rutin,selain itu juga berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Membakar Kalori
Hanya dengan berlari selama setengah jam anda dapat membakar kalori 200-300 kalori , tergantung intensitas dan gaya yang anda lakuakan.

Mencegah Stres dan Depresi
Serupa dengan yoga , selama berenang terjadi peregangan dan relaksasi otot-otot yang  disertai dengan teknik pernafasan yang berirama.

Minim Resiko Cedera
Saat di air tubuh anda terasa lebih ringan karena distribusi berat yang harus ditopang oleh tubuh berkurang hingga 50 % ,otot dan persendian pun menerima tekanan yang lebih sedikit sangat berbeda  bila  melakukan aktifitas di darat.

Mengurangi Resiko Diabetes
Dengan hanya 30 menit dari olahraga ini selama 3X dalam seminggu anda bisa membakar 900 kalori mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 lebih dari 10 %.

Mempebaiki Kadar Kolestrol
Renang dapat memperbaiki keseimbangan rasio yang tepat dari kolestrol  dalam tubuh anda, yakni rasio seimbang antara kadar kolestrol baik dan kolestrol jahat.

Memperbaiki Gejala/Serangan Asma
Bila anda penderita asma,  olahraga ini sangat disarankan untuk meningkatkan volume paru-paru dengan teknik pernafasan yang tepat.

Memperpanjang Umur
Berenang bisa membantu anda menghindari mati muda karena faktanya berenang memilki tingkat kematian 50% lebih rendah dibandingkan pelari,pejalan kaki, atau orang yang tidak pernbah berolah raga.

Meningkatakan Fleksibilitas,Postur dan Kesimbangan
Tak hanya bagus untuk otot,tapi juga meregangkan serat otot dan ligamen membantu mempertahankan ketegangan di tendon yang mendukung gerakan tubuh,orang yang biasa berenang biasanya memiliki postur lebih tinggi dan memilki keseimbanagn yang lebih baik.

Dengan berenang banyak sekali manfaat dari berenang yang kita dapat untuk kesehatan tubuh, dengan berenang pula seluruh tubuh bergerak  kelompok otot-otot besar akan digunakan sepeti otot perut, otot lengan, pinggul ,pantat, dan paha.Selain itu juga renang akan melatih pernafasan secara efisien sehingga berenang bisa menjadikan salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan anda. kesehatan jasmani dan rohani sangatlah mahal harganya untuk itu amat penting buat kita menjaga kesehatan tubuh agar tidak terkena suatu gejala penyakit tertentu yang dapat menghambat kelangsungan hiudup anda, Baca : Manfaat Bersepeda Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Berlangganan untuk email update gratis: