Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh. Madu adalah cairan kental yang mempunyai rasa manis dan dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi. Rasa manis madu disebapkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.


Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh 

Sebagai Obat Luka
Madu bermanfaat sebagai antiobiotik untuk mencegah infeksi dan membuat pertumbuhan jaringan menjadi lebih cepat.  Madu sangat baik digunakan untuk mengobati luka. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah menggunakan madu sebagai obat luka. Tapi, hanya madu asli yang bisa digunakan sebagai obat luka bukan madu campuran.

Menenangkan Syaraf
Cobalah untuk meminum campuran dua sendok madu dan secangkir teh chamomile sebelum tidur. Ini bermanfaat agar anda lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

Sebagai Anti Bakteri
Bila anda mengalami sakit tenggorokan, cobalah mengkonsumsi 1-2 sendok makan madu. Madu dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Sifat anti bakteri dalam madu berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan, rasa sakit, dan mempercepat proses penyembuhan. Sifat anti-bakteri pada madu dapat pula berfungsi untuk memperbaiki sistem pencernaan, bila dikonsumsi oleh anak-anak secara rutin maka akan memberikan energi ekstra sepanjang hari. Energi yang berasal dari madu murni juga bermanfaat membantu sirkulasi darah dengan membentuk darah yang dibutuhkan tubuh sekaligus dapat membersihkan darah.

Madu Sebagai Pengganti Gula yang Sehat
Madu sering digunakan sebagai pemanis makanan atau minuman alami. Madu yang ditambahkan dengan susu akan meningkatkan rasa dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Baik untuk Diet
Bila anda sedang menjalani program diet, madu bisa menjadi pilihan yang tepat dalam program diet Anda. Segelas air hangat yang ditambah sesendok teh  madu dan lemon adalah minuman sehat di pagi hari. Karena sifat madu yang dapat mengikis lemak tanpa mengurangi energi, sementara gula alami pada buah lemon mencegah Anda dari rasa kelelahan ketika beraktifitas.

Melawan Parasit
Minuman yang terbuat dari madu, cuka, dan air adalah obat yang paling manjur untuk mengatasi masalah perut. Sebab minuman ini dapat melawan parasit.

Melawan Insomnia
Insomnia ternyata juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu. Sebab madu sifatnya mampu menurunkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Jadi bila anda mengalami insomnia, cobalah mengkonsumsi madu.

Sebagai Sumber Karbohidrat
Madu mengandung karbohidrat murni yang bisa memberikan energi kepada tubuh. Cobalah mengkonsumsi madu setelah anda bangun tidur untuk menyegarkan tubuh dan memberikan energi lebih pada tubuh anda.

Membantu Mengurangi Morning Sickness
Madu membantu wanita yang mengalami morning sickness saat hamil. Bila anda seorang wanita yang sedang hamil maka sering-seringlah mengkonsumsi madu.

Meningkatkan Penyerapan Kalsium dan Jumlah Hemoglobin
Cobalah mengkonsumsi madu secara teratur, ini berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan jumlah hemoglobin yang dapat membantu untuk melawan anemia.

Menurunkan Kolesterol
Madu membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan HDL (kolesterol baik). Jadi, bila anda mempunyai riwayat kolesterol tinggi, cobalah mengkonsumsi madu secara rutin.

Madu memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita seperti yang sudah dipaparkan di atas. Cobalah untuk sering mengkonsumsi madu untuk menjaga kesehatan anda, Baca : Tips Cara Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah

Berlangganan untuk email update gratis: