Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang


Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang
Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang. Sakit pinggang sering kita alami  efeknya sangat mengganggu aktifitas keseharian anda pada umumnya keluhan sakit pinggang erat sekali hubungannya dengan susunan dan fungsi tulang belakang . tulang belakang tersusun oleh beberapa ruas yang membentuk kesatuan fungsi sehingga dapat melakukan gerakan ,gerak yang kita inginkan untuk menjalankan aktifitas dalam keseharian anda .

Dilihat dari bagian fungsionalnya pinggang mempunyai persarafan yang dapat mengantar rengsangan nyeri,  segala proses yang dapat menyebabkan tarikan , robekan atau tekanan pada bagian tertentu dapat mengakibatkan sakit pinggang.Nyeri dan kaku pada bagian pinggang pada pagi hari yang dirasakan selama bertahun-tahun lama -kelamaan akan merambat ke atas tulang belakang yang dapat mengakibatkan punggung menjadi lebih kaku dan pungung menjadi bungkuk.

Kebanyakan sakit pinggang di derita oleh kaum pria dan wanita yang disibukan sehari-hari ditempat kerja misalnya terlalu banyak duduk  dan juga ibu rumah tangga yang sibuk mengurusi urusan rumah serta wanita yang sedang hamil.Sakit pinggang terjadi secara spontan dan memiliki derajat yang cukup tinggi sehingga bisa menimbulkan gangguan aktifitas serta  postur tubuh yang tidak ideal seperti ( terlalu gemuk /buncit), gerakan pinggang atau punggung yang salah  dan juga kurang peregangan.

Penyebab sakit pinggang karena adanya gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang gerak atau sikap badan yang salah saat membungkuk dan mengangkat beban atau barang , pemakaian sepatu dengan tumit tinggi karena keadaan normal tulang belakang daerah pinggang mempunyai lengkungan ke depan , bila lengkungan ke depan tersebut berlebihan akan menimbulkan gejala sakit pinggang.

Kurang olahraga juga menyebabkan sakit pinggang pasalnya kelenturan sendi-sendi dan jaringan ikut menurun sehingga otot mudah cedera karena gerakan yang sederhana.
Sakit pinggang dapat juga disebabkan oleh pengaruh suatu penyakit seperti gangguan jantung,kanker, penyakit tulang, atau gangguan metabolik. Sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal biasanya karena adanya kelainan pada air kemih yang berupa darah Serta keropos atau pengempuran tulang adalah hal utama penyebab sakit pinggang.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Latihan Olahraga
Olahraga sangat penting dilakukan untuk mengurangi sakit/nyeri pinggang dengan memperkuat peregangan otot-otot yang mendukung tulang belakang dan membantu mencegah terjadinya cedera, dalam berolahraga anda dapat melakukan hal berjalan jarak pendek atau berenang.

Menurunkan Berat Badan
Menurunkan berat badan juga bisa menjadi pereda sakit pinggang pasalnya semakin badan anda berat maka pinggang akan bekerja ekstra untuk menopang berat badan tersebut.

Terkena Cedera
Dianjurkan untuk anda bila terkena cedera menggunakan kompres es di atas area cedera lakukan kompres selama 20 menit  .

Terapi Pijat
Terapi pijat sangat baik di lakukan untuk mencegah ketegangan otot-otot pinggang , manfaat terapi pijat untuk perbaikan sirkulasi , membantu meringankan nyeri otot, dan meningkatkan endorfin (hormon yang dihasilkan tubuh sebagai penghilang rasa sakit alami).

Mandi Air Hangat
Air hangat dapat mengurangi sakit pinggang dengan cara mengendurkan otot, membuat otot menjadi rileks dan melancarkan darah sehingga nyeri punggung akan segera pulih.

Bila sakit pinggang yang anda derita tak kunjung sembuh sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar penanganan yang tepat dapat dilakukan dan terhindar dari penyakit gejala sakit pinggang yang membahayakan anda.Dalam upaya pencegahan sebaiknya olahraga teratur , konsumsi air putih secukupnya, hindari stres dan istirahatlah yang cukup semua hal itu baik dilakukan agar tidak menimbulkan efek yang buruk di kemudian hari, Baca : Cara Menyembuhkan dan Mengatasi Migrain

Berlangganan untuk email update gratis: