Penyebab Gusi Bengkak


Penyebab Gusi  Bengkak
Penyebab Gusi  Bengkak. Gusi bengkak rasanya pasti sangat sakit dan terasa ngeyut bahkan sakitnya sampai ke kepala, gusi sangat penting terhadap kesehatan mulut seseorang .gusi merupakan jaringan kokoh berwarna pink karena terdapat banyak pembuluh darah yang kecil-kecil dan rapat gusi membungkus tulang rahang  atas dan bawah dan juga menempel pada bagian bawah gigi sehinga apa yang terjadi pada gigi bisa berdampak pada gusi.

Gusi bengkak diawali dengan munculnya kemerah-merahan yang melingkari gusi, saat menyikat gigi sering keluar darah tanpa kita sadari hal tersebut disebabkan kurangnya perawatan pada gigi serta tempat berkumpulnya bakteri melalui makanan yang kita makan.


Penyebab Gusi  Bengkak

  • Gingvitis(radang gigi)Infeksi yang disebbakan oleh jamur atau virus tertentu yang menyebabkan gusi bengkak

  • Karang gigi

  • Kurangnya perawatan gigi

  • Kurang menjaga kebersihan mulut

  • Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat

  • Gigi yang berlubang

  • Pemakaian kawat gigi/behel secara berkala tanpa perawatan atau konsultasi ke dokter gigi.

Seseorang  yang mengalami pembengkakan pada gusi akan mengalami sakit yang luar biasa juga disertai bau mulut serta warna gusi akan mengalami perubahan  dari warna pink menjadi warna merah  gusi juga mudah mengalami pendarahan ketika anda menekannya.cara mengobati gusi bengkak.


Mengobati Gusi  Bengkak

Air Garam
Berkumurlah dengan larutan air garam caranya tambahkan satu sendok makan garam dengan segelas air hangat aduk hingga merata ulangi proses ini beberapa kali setiap harinya untuk meredakan pembengkakan pada gusi.

Jeruk Lemon
Gunakan air jeruk lemon untuk mengobati gusi bengkak caranya peras jeruk lemon kedalam segelas air hangat gunakan airnya untuk berkumur lakukan setiap harinya dalam 5 menit .

Konsumsi Vitamin Setiap Harinya
Gusi bengkak juga disebabkan kekurangan vitamin C, asam folat , kalsium dan zat besi .

Pijat Gusi
Pijat gusi anda dengan lembut menggunakan kapas/cotton dengan memijatnya dengan lembut dapat memperlancar aliran darah pada gusi yang bengkak.

Hindari Pemakaian Obat Kumur yang Mengandung Alkohol

Kompres
Menempatkan kompres hangat di wajah (pipi pada gusi yang bengkak )untuk mengurangi rasa sakit pada gusi .


Jika Gusi Bengkak Akibat Infeksi Bakteri Dapat Menggunakan Beberapa Obat 

Antibiotik
Gusi bengkak akibat  infeksi bakteri yang tergolong parah memerlukan antibiotik untuk membunuh bakteri tersebut  penggunannya harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Obat Anti Radang
Untuk mengurangi pembengkakan akibat radang dapat mengguanakan anti radang steroid namun harus tetap dalam anjuran dokter.

Jika gusi bengkak selama lebih dari 2 minggu anda harus segera konsultasikan ke dokter agar terhindar dari penyakit gusi bengkak yang disertai nanah yang disebabkan oleh serangan sejumlah sel darah putih untuk melawan infeksi , sekumpulan darah putih dan jaringan yang mati akan menjadi nanah.yang paling membahayakan jika nanah tersebut menyebar ke mulut atau tenggorokan tergantung lokasi gigi yang terkena pembengkakan.

Cara mencegah agar gusi tidak bengkak adalah dengan cara gosok gigi secara teratur,  asupan nutrisi yang banyak mengandung vitamin c dan asam folat  serta rajin memeriksakan kesehatan mulut anda minimal 1 bulan sekali.Perawatan Mulut dan gigi sangat penting dilakukan agar terbebas dari bakteri serta virus yang dapat mengganggu kesehatan mulut anda, pada masa kehamilan rentan terjadinya gusi bengkak karena akibat dari perubahan hormonal.Oleh karna itu , pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi biasakan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, Baca : Tips Alami Mengobati Asam Urat

Berlangganan untuk email update gratis: