Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan Mudah


Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan Mudah
Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan Mudah. Jerawat sering menjadi permasalahan orang banyak. Selain rasa sakit yang ditimbulkan, serta dapat mengganggu penampilan anda sehari-hari. Dari jenis-jenis jerawat yang ada, jerawat batu adalah jenis jerawat yang mungkin paling menyebalkan. Karena jerawat batu biasanya ukurannya lebih besar dan bekasnya susah hilang.

Jerawat batu atau  cystic acne adalah benjolan  jerawat yang berisi cairan di bawah permukaan kulit. Jerawat ini bisa sangat menyakitkan dan  menyisakan bekas luka yang cukup dalam. 


Penyebab Jerawat Batu

Sel-Sel Kulit Mati
Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sabun yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih.

Bakteri
Bakteri penyebab jerawat yang disebut p. Acne cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu yaitu jerawat yang meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen

Faktor Keturunan
Faktor keturunan dapat menjadi penyebab jerawat batu, bila orang tua anda memiliki jerawat batu  maka kemungkinan anda juga akan memiliki jerawat batu juga.

Hormon
Hormon yang tidak seimbang yang biasanya terjadi pada remaja dapat menjadi penyebab jerawat batu.

Kosmetik
Kosmetik yang mengandung minyak berlebih atau bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

Obat-Obatan
Obat kolesteroid dapat menyebabkan munculnya jerawat karena rutinitas bakteri patogen yang meningkat.


Cara Mengatasi Jerawat Batu

Putih Telur
Caranya pisahkan kuning telur lalu ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan hingga 15 menit. Putih telur ini bermanfaat mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.

Baking Soda
Baking soda dapat membersihkan kulit dari jerawat. Campur baking soda dengan air dan kemudian aduk rata. Oleskan pasta itu pada area kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin. Baking soda juga akan membantu menutup pori-pori kulit. Lakukan ini dua kali sehari.

Kayu Manis dan Madu
Madu memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri dan menghilangkan jerawat. Sementara itu, kayu manis memiliki sifat anti-pembekuan dan anti-inflamasi. Campur bubuk kayu manis dan madu dan aduk rata. Aplikasikan ke seluruh wajah, lalu diamkan 15 menit. Bilas dengan air dingin.

Tomat
Buah yang satu ini selain bermanfaat untuk kesehatan mata juga efektif mengobati jerawat. Caranya iris tomat menjadi dua bagian lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan hingga 15 menit – 1 jam kemudian basuh.

Mentimun
Mentimun berguna untuk menghilangkan jerawat secara alami, cara penggunaannya pun mudah. Cukup dengan memarut mentimun lalu bubuhkan di bagian kulit yang berjerawat lalu diamkan hingga mengering. Cara ini bisa dilakukan sehari 2 kali.

Lemon/Jeruk Nipis dan Air Mawar
Buah lemon/Jeruk nipis mengandung citric acid yang banyak, citric acid ini bermanfaat untuk memindahkan sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat. Caranya yaitu dengan menggabungkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah selama 10 menit setelah itu basuh denagn air hangat. Cara ini dilakukan selama 15 hari dengan rutin.

Anda dapat mencoba solusi-solusi di atas untuk mengatasi jerawat batu, semoga artikel ini bermanfaat. Baca : Cara Menghilangkan Batuk Secara Alami

Berlangganan untuk email update gratis: