Cara Mengobati Sakit Gigi berlubang dengan Mudah


Cara Mengobati Sakit Gigi berlubang dengan Mudah
Cara Mengobati Sakit Gigi berlubang dengan Mudah. Gigi berlubang atau Karies adalah kerusakan pada struktur jaringan keras gigi (email, dentin) yang diakibatakan oleh asam yang dihasilkan oleh bakteri yang terdapat pada plak gigi (Post line, 2008). Gigi berlubang atau karies gigi merupakan masalah yang cukup serius. Sakit dan nyeri dan ditimbulkan pun luar biasa. Mungkin bila anda pernah mengalami sakit gigi berlubang, sakit yang ditimbulkan memang luar biasa dan mungkin bila anda pernah mengalami sakit gigi berlubang bisa menyebabkan anda kehilangan nafsu makan dan mood anda.  


Penyebab Gigi Berubang

Makanan Terlalu Manis
Makanan manis umumnya menggunakan gula sebagai pemanis. Gula adalah zat yang menjadi penyebab gigi mudah berlubang. Jika zat gula masih tersisa di sela-sela gigi maka gigi anda akan cepat berlubang. Maka kurangilah mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis.

Sikat Gigi yang Salah
Sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang kasar, dapat membuat lapisan email cepat mengikis dan membuka lapisan tengah gigi anda. Jika lapisan tengah gigi anda sudah terbuka maka potensi untuk menyebabkan gigi berlubang. Perhatikanlah kebersihan sikat gigi anda. Gantilah sikat gigi anda 3 bulan sekali.

Bakteri
Bakteri dapat menyebabkan gigi berlubang. Bakteri yang ada di dalam mulut dapat menjadi penyebab email terkikis, gigi berlubang, dan keretakan gigi. Gula adalah zat yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Bakteri di dalam mulut akan mengubah sisa gula menjadi asam. Dan asam akan menyebabkan gigi berlubang menjadi sakit.

Air Liur yang Sedikit
Orang yang memiliki air liur yang sedikit lebih rentan memiliki gigi berlubang, karena air liur berperan untuk membersihkan kuman dan asam di rongga gigi dan mulut.

Cara Menyikat Gigi yang Tidak Benar
Cara menyikat gigi yang benar adalah menyikat gigi dari atas ke bawah ataupun sebaliknya. Bukan dari kanan ke kiri ataupun sebaliknya. Selain itu, sebaiknya dilakukan selama 1 sampai 2 menit. Dan lebih baik lagi menyikat gigi dilakukan di depan cermin, maka kotoran di gigi akan mudah terlihat.


Cara Mengobati Sakit Gigi

Daun Jambu Biji
Kunyahlah satu atau dua lembar daun jambu biji atau rebus empat sampai lima daun jambu dengan air, beri garam sedikit, lalu setelah matang minum satu gelas air rebusannya.

Jeruk Nipis
Siapkan satu buah jeruk nipis, belahlah, lalu teteskan air tetesan jeruk nipis pada gigi yang berlubang sampai sarinya habis. Vitamin c pada jeruk nipis dapat meredakan sakit gigi berlubang.

Garam
Yodium pada garam dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi. Larutkan garam pada segerah air putih hangat, aduklah dan jadikan sebagai cairan untuk berkumur-kumur.

Belimbing Wuluh
Ambil beberapa belimbing wuluh lalu cuci bersih. Makan belimbing wuluh dengan garam dengan menggunakan gigi yang sakit. Mungkin solusi gigi berlubang dengan belimbing wuluh ini terasa menyakitkan tapi dapat dirasakan manfaatnya.

Bawang Putih
Bawang putih dapat dijadikan obat untuk mengatasi rasa sakit gigi. Untuk gigi berlubang cobalah dengan menumbuk satu siung bawang putih dan berilah sedikit garam. Lalu tempelkan tumbukan bawang putih tersebut pada gigi yang berlubang.

Itulah beberapa solusi yang mudah untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang, semoga artikel ini bermanfaat. Baca : Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Berlangganan untuk email update gratis: