Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag


Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag
Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag. Maag atau Gastritis atau Dyspepsia adalah gangguan lambung berupa gejala-gejala seperti nyeri di bagian ulu hati, mual, muntah, mulas, kembung, cepat kenyang, sakit kepala dan rasa tidak nyaman lainnya. Biasanya penyakit maag datang secara tiba-tiba. Penyakit ini sering sering dialami masyarakat dan biasanya dianggap sebagai penyakit ringan. Sakit maag mengacu pada beberapa kondisi yang menyebabkan peradangan pada lambung. Biasanya, peradangan lambung  merupakan akibat dari infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori yang mengakibatkan luka di lambung. 


Macam-Macam Penyakit Maag

Maag Fungsional
Maag fungsional  yaitu Maag yang jika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sebenarnya tidak ada kelainan  secara anatomis, kalaupun ada kelainan maka hanya sebagai gambaran radang pada mukosa lambung.

Maag Organik
Maag organik adalah maag yang jika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ada kelainan secara anatomi. Seperti luka pada lambung dan usus dua belas jari, polip atau hemangioma, kanker, dan tumor.


Jenis-Jenis Penyakit Maag

Maag Ringan
Maag ini tergolong ringan dan bila dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung yang berlebihan di bagian dinding lambung.

Maag Sedang
Maag sedang ditandai dengan adanya nyeri dan mual yang berlebihan.

Maag Kronis
Maag tingkatan ini sudah bisa dibilang parah, kemungkinan ada peradangan atau luka pada mukosa lambung.

Maag Akut
Maag tingkatan ini sudah sangat parah, karena bisa saja terdapat borok ataupun  infeksi pada lambung.

Kanker lambung
Maag tingkatan inilah yang paling berbahaya dan perlu penanganan dokter segera.


Penyebab Penyakit Maag

Makan Tidak Teratur
Bila anda makan tidak teratur setiap harinya, maka anda dapat berpotensi terkena penyakit maag. Biasakanlah makan yang teratur.

Stress dan Kelelahan
Aktivitas yang padat yang mengakibatkan kelelahan dan stress dapat menjadi penyebab penyakit maag.

Kurang Istirahat
Istirahat 8 jam sehari sangat penting karena bila anda kurang istirahat  anda dapat terkena penyakit maag.

Selain kebiasaan yang kurang baik, ada juga makanan-makanan yang menyebabkan penyakit maag, seperti:

Gorengan
Gorengan mengandung minyak yang tinggi, karena itu terlalu sering mengkonsumsi gorengan dapat menyebabkan penyakit maag.

Minuman Beralkohol
para ahli menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus (yang berhubungan dengan area perut), dan ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Maka berhentilah minum minuman beralkohol seperti bir dan wine.

Kafein
Kafein seperti yang terkandung dalam kopi mungkin dapat menenangkan, tapi bila terlalu sering dikonsumsi tanpa asuman karbohdrat yang cukup maka akan berpotensi menimbulkan penyakit maag.

Daging yang Berlemak
Daging yang berlemak dapat meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung. Oleh karenanya, lebih baik anda kurangi mengkonsumsi daging.

Minuman Bersoda
Minuman bersoda bersifat asam, hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada lambung seperti perut kembung. Jadi, kurangilah konsumsi minuman yang bersoda.


Cara Mengatasi Penyakit Maag 

Kemangi Hutan
Anda dapat mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan setiap hari, kemangi nerguna untuk mengobati tukak lambung.

Kencur
Cuci bersih 1 ruas kencur dikupas kulitnya lalu dikunyah dengan garam. Sesudah halus dalam mulut, telan kencur, lalu minumlah air hangat. Lakukan 3 kali dalam sehari.

Obat Maag
Konsumsilah obat maag sebagai salah satu cara mengatasi maag, biasanya kandungan yang terdapat dalam obat maag yaitu simetin, antasida, ranitidin, pankreatin dan lain-lain. Kandungan tersebut berguna untuk mengatasi penyakit maag.

Daun Jambu Biji
Rebus 8 lembar daun jambu biji dengan 1,5 liter air sampai mendidih. Minum air rebusannya 3 kali dalam sehari, maka penyakit maag anda dapat teratasi.

Anda dapat mencoba solusi-solusi untuk mengatasi penyakit maag yang telah dipaparkan di atas. Untuk pencegahan penyakit maag, anda harus menerapkan pola makan yang teratur, gaya hidup sehat, dan rajin berolahraga. Baca : Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami

Berlangganan untuk email update gratis: