Mengatasi Mata Gatal dan Merah secara Alami


Mengatasi Mata Gatal dan Merah secara Alami
Mengatasi Mata Gatal dan Merah secara Alami. Terkadang ketika kita sedang melakukan aktivitas, mata kita sering tiba-tiba diserang rasa gatal. Kalau digaruk, takut tangan kotor. Karena kalau tangan kotor, pasti banyak bakterinya. Dan bakteri tersebut bisa memperparah gatal yang menyerang, juga dapat menyebabkan peradangan.

Mata gatal sendiri disebabkan banyak hal. Seperti debu, bakteri, angin bahkan sinar matahari. Jika mata anda terserang rasa gatal, sebaiknya hindari menggunakan komputer atau laptop.

Karena mata akan menjadi sensitif jika terlalu lama menatap layar komputer atau laptop sehingga akan memperparah iritasi yang menyerang mata. Jika anda pengguna lensa kontak, hindari pemakaian untuk sementara. Karena pemakaian lensa kontak akan membuat mata yg sedang gatal terasa seperti terbakar. Sebaiknya gunakan kacamata sebagai penggantinya.

Namun, ada beberapa penyebab mata gatal dan merah. Seperti ketegangan pada otot mata. Ketegangan otot mata bisa menyebabkan mata menjadi gatal, mata merah dan juga mata kering.

Membaca selama berjam-jam, bekerja di depan komputer adalah sebagian penyebab pasti ketegangan otot pada mata. Di sisi lain, kurang tidur atau insomnia juga bisa menjadi penyebab ketegangan otot. Selain ketegangan otot mata, penyebab lainnya adalah Konjungtivitis. 

Banyak cara mengatasi mata gatal dan merah secara efektif dan aman. Berikut adalah beberapa cara yang dipercaya efektif untuk mengatasi mata gatal dan merah.

   

Mengatasi Mata Gatal dan Merah

Cuci Mata dengan Air Mawar
Cara ini adalah cara paling mudah dan nyaman. Cukup siram mata dengan air mawar setiap hari. Cara ini dapat memberikan efek dingin dan menenangkan pada mata.

Timun
Timun? Ya, Timun! Selain bisa dimakan, Timun memang banyak memberikan khasiat pada bagian luar tubuh manusia. Salah satunya, bisa mengatasi mata gatal dan merah. Timun dapat memberikan efek dingin dan menenangkan juga pada mata. Selain itu, Timun mengandung anti-iritiasi yang berguna untuk mengurangi peradangan, bengkak serta iritasi pada mata.

Obat Mata
Banyak merk-merk terkenal yang dijual di warung dan supermarket terdekat. Seperti Insto, Visine, dan Rohto. Cukup teteskan di area mata yang gatal dan merah. Obat mata akan memberikan efek dingin yang dapat menyegarkan pada mata yang gatal. 

Daun Sirih
Daun Sirih memang disebut-sebut sebagai salah satu apotik hidup yang mudah di dapat. Cukup ambil daun sirih muda segar sebanyak 5-6 helai. Lalu, rebus dengan air hingga mendidih. Setelah ramuan ini direbus, silahkan celupkan mata anda ke ramuan air daun sirih atau bilas mata dengan ramuan daun sirih. 

Kentang
Sama seperti Timun, irisan kentang mentah juga bisa membantu mengatasi mata gatal dan merah. Tempelkan irisan kentang ke mata dan diamkan. Mata akan merasa rileks dan juga mata gatal dan merah akan segera hilang. 

Susu
Jika mata gatal dan merah disertai bengkak, Susu bisa menjadi cara terbaik untuk mengatasinya. Ambil Susu dengan kapas, lalu tempelkan ke mata. Mata yang gatal dan merah akan terasa sejuk. 

Itulah beberapa cara mengatasi mata merah dan gatal. Solusi paling ampuh untuk mengatasi mata gatal dan merah sendiri adalah agar selalu membatasi waktu dalam pemakaian lensa kontak juga membatasi waktu dalam bekerja di depan monitor komputer dan laptop.

Jika cara-cara diatas tetap tidak menyembuhkan mata yang gatal dan merah, segera hubungi dokter untuk perawatan lebih lanjut. Semoga cara-cara diatas dapat membantu anda dalam mengatasi mata gatal dan merah. Selain itu baca juga apa saja manfaat madu, Baca: Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh.

Berlangganan untuk email update gratis: