Penyebab Batuk Berdarah


Penyebab Batuk Berdarah
Penyebab Batuk Berdarah. Batuk memang salah satu penyakit yang umum dialami oleh banyak orang. Terkadang batuk yang dialami pun akan disertai dahak. Batuk sendiri adalah gejala responsif dari tubuh akibat adanya benda asing yang masuk melalu saluran pernafasan. Namun, berbeda kalau yang keluar dari mulut ketika batuk adalah dahak, melainkan darah. Batuk Berdarah sering ditandai dengan batuk yang berkepanjangan. 

Batuk berdarah atau dalam istilah kedokteran sering disebut Hemoptis adalah suatu keadaan yang terjadi didalam paru-paru yang memerlukan penanganan intensif dan serius.

Batuk darah memerlukan pengawasan ketat karena tidak bisa dipastikan apakah batuk darah akan berlanjut atau berhenti. Karena itu Batuk Berdarah tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena menyangkut organ lain didalam tubuh seperti Jantung dan Paru-paru. 

Batuk berdarah juga bisa menjadi salah satu tanda penderita mulai terserang penyakit Tuberkulosis atau TBC. Batuk Berdarah sendiri bisa terjadi karena pecahnya pembuluh darah.

Oleh karena itu, bisa dibedakan berat atau ringannya batuk berdarah yang menimpa, tergantung besar atau kecilnya pembuluh darah yang pecah. Batuk Darah sendiri jarang bisa berhenti begitu saja, karena penderita akan terus menerus mengeluarkan gumpalan darah yang berwarna kecoklatan selama berhari-hari.

Oleh karenanya, penderita harus segera mendapat penanganan khusus. Jika tidak, hal ini dapat membahayakan penderita karena terus menerus kehilangan darah.

Sebenarnya, Batuk Berdarah sendiri adalah tanda atau gejala dari berbagai penyakit. Maka dari itu, penyebabnya harus segera ditemukan. Penyebab pasti dari Batuk Berdarah sendiri adalah sebagai berikut.

  

Penyebab Batuk Berdarah

Infeksi Saluran Pernafasan
Saluran pernafasan yang dimulai dari hidung sampai alveoli atau saluran-saluran kecil yang ada di paru-paru, mempunyai pembuluh darah di setiap salurannya. Jika pembuluh darah ini robek atau pecah dan mengeluarkan darah, maka akan terjadi refleks batuk yang menyebabkan darah keluar melalui mulut. Jika saluran yang robek tidak segera di atas, maka akan terjadi infeksi yang di akibatkan bakteri, virus ataupun jamur. 

Batuk Biasa
Jangan anggap remeh batuk yang menyerang secara terus menerus. Batuk yang terus menerus dialami bisa menyebabkan robeknya saluran pernafasan, hingga terjadi pendarahan.

Obat
Ada sebagian obat yang bisa menjadi penyebab Batuk Berdarah, diantaranya obat yg mengandung anti-pembekuan darah. Obat tersebut bisa menyebabkan proses pembekuan darah terhambat, sehingga Batuk Berdarah akan terjadi. 

Bronkitis
Batuk yang terjadi pada penderita Bronkitis biasanya akan mengeluarkan darah. Darah yang keluar berasal dari bronkus dan trakea. 

TBC
Batuk Berdarah biasanya adalah gejala lanjut dari penyakit TBC. Tapi tidak semua Batuk Berdarah bisa disebabkan oleh TBC. 

Kelainan Jantung
Kelainan yg dimaksud adalah Stenosis Katup Mitral. Stenosis Katup Mitral sendiri adalah kerusakan pada katup jantung, ditandai dengan penyempitan katup mitral. Katup Mitral terdiri dari 2 kelopak yang terletak di atrium kiri dan ventrikel kiri.

Pada kelainan ini, katup mitral menjadi kaku dan tidak bisa terbuka sepenuhnya. Hal ini menyebabkan berkurangnya darah yang masuk melalui ventrikel kiri. Akibatnya, darah yang di pompa ke seluruh tubuh akan berkurang volumenya. Gejala Stenosis Katup Mitral sendiri salah satunya adalah batuk dan sesak nafas. Hal ini dapat menyebabkan Batuk Berdarah jika tidak ada penanganan serius. 

Kanker dan Tumor Paru-Paru
Batuk Berdarah bisa juga disebabkan Kanker dan Tumor Paru-Paru. Maka dari itu, penderita harus secepatanya mendapatkan pertolongan serius demi menghindari kemungkinan terburuk.

Dan masih banyak lagi penyebab umum lainnya. Sebagian besar penyebab batuk berdarah terjadi di karenakan faktor penyakit lain ataupun gejala lanjut penyakit tertentu. Apakah mata anda sering gatal? baca: Mengatasi Mata Gatal dan Merah.

Berlangganan untuk email update gratis: