Cara Diet yang Benar


Cara Diet yang Benar
Cara Diet yang Benar. Tubuh gemuk, berlemak dan buncit tentunya bukan lah keinginan setiap orang. Beberapa orang yang mempunyai masalah kelebihan berat badan pun pastinya ingin untuk mendapatkan tubuh ramping dan ideal. Bahkan hampir semua orang pasti menginginkan tubuh yang ramping dan ideal.

Segala macam upaya ditempuh. Dari mulai meminum suplemen penurun berat badan, olahraga secara berlebihan, fitness, senam aerobik, diet super ketat, sampai yang sempat menjadi tren belum lama ini yaitu OCD yang di populerkan oleh seorang magician, Deddy Corbuzier.

Semua orang yang mempunyai berat badan berlebih seperti berlomba-lomba untuk mendapatkan berat badan yang ideal, tubuh yang ramping dan indah dipandang.

Bagi sebagian orang yang merasa kelebihan berat badan, kata “diet” seperti sebuah oase di padang tandus, sebuah solusi untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Tapi tidak jarang juga yang menganggap diet adalah sebuah momok menakutkan karena erat kaitannya dengan mengurangi porsi makan atau bahkan hingga tidak makan dan juga olahraga yang cukup berat.

Beberapa orang juga menghubungkan kata diet dengan makanan yang kurang ramah di lidah seperti sayuran dan buah. Orang yang menyukai kuliner dan kurang suka dengan sayuran serta buah nampaknya akan merasa enggan jika dihadapkan dengan diet yang harus berhadapan dengan sayur dan buah yang menurut mereka kurang ramah di lidah.

Berbagai macam diet ketat dijalankan untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh ideal yang diidam-idamkan. Dari mulai tidak memakan nasi, tidak memakan makanan berlemak, hanya memakan sayur dan buah, serta berbagai macam diet yang lainnya.

Kunci dari diet adalah membuat kalori yang masuk lebih rendah dari energi yang dihabiskan perhari. Dengan kata lain, asupan kalori yang di dapat tubuh tidak boleh lebih besar dari energi yang dikeluarkan tubuh selama beraktifitas.

Karena jika kalori yang masuk lebih besar, kelebihan kalori tersebut akan ditumpuk menjadi lemak. Jika kalori yang masuk lebih kecil dari energi yang dihabiskan selama beraktifitas, maka cadangan lemak akan digunakan untuk memberi energi bagi tubuh untuk beraktifitas.

Tetapi sadar atau tidak, terkadang upaya untuk menurunkan berat badan ini mengorbankan sisi kesehatan. Dalam artian, demi mendapatkan berat badan ideal (yang biasanya diinginkan dalam waktu sesingkat-singkatnya) kadang aspek kesehatannya dilupakan. Berikut penulis memberi cara untuk berdiet namun tetap sehat:


Cara Diet sehat

  1. Sarapan adalah kunci dalam berdiet. Tubuh membutuhkan energi setelah tidur dan sarapan adalah jawabannya. Sarapan yang tepat akan membuat ada segar sepanjang hari. Pilihlah menu yang bergizi dan memiliki kandungan energi yang baik. Semisal pisang atau roti gandum. Sarapan yang tepat akan membantu anda mengurangi asupan kalori di sepanjang sisa hari.

  2. Makan secara teratur ketika anda sedang berdiet. Ketika kita lapar, metabolisme  tubuh melambat. Makan secara teratur agar metabolisme tubuh tidak melambat. Makanlah dengan porsi secukupnya dan tidak berlebihan.

  3. Pilihlah menu berdiet yang sehat. Makanan yang perlu dihindari dalam diet adalah jenis makanan yang memiliki kadar lemak jenuh, lemak trans dan kadar gula yang tinggi. Pilihlah menu yang mengandung banyak serat dan vitamin. Buah dan sayur bisa menjadi pilihan tepat saat diet. Walau bagi sebagian orang rasanya kurang nyaman di lidah, tetap paksakanlah mengkonsumsi buah dan sayur ketika anda sedang diet.

  4. Cukupkanlah asupan air putih dalam tubuh anda. Kebutuhan tubuh akan air adalah sekitar 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas per hari. Ketika sedang berdiet tambahkanlah asupan air putih. Minum setidaknya satu gelas air sebelum anda makan untuk membuat perut sedikit terisi dan porsi makan anda berkurang.

  5. Berolahraga secara rutin  akan membantu anda untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan anda. Jadikan olahraga sebagai kegiatan yang menyenangkan. Paling tidak lakukanlah berjalan kaki setiap hari.

  6. Jangan melakukan kegiatan ekstrim seperti tidak makan berhari hari demi mendapatkan hasil yang instan. Tidak ada diet yang instan karena semua hal membutuhkan proses.

Sekarang anda sudah mengetahui cara diet yang baik. Anda bisa mencobanya untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat agar tetap ideal. Jika dirasa terlalu berat, anda bisa melakukannya bertahap. Kuncinya adalah rutin dan sabar. Jangan pernah berharap hasil yang instan karena diet tidak akan terlihat hasilnya secara instan, Baca : Cara Merawat Kulit dengan Baik dan Benar


Berlangganan untuk email update gratis: