Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Alami


Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Alami
Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Alami. Kutu rambut timbul berawal dari banyaknya telur-telur kutu yang  mungkin ditularkan pada mereka yang memiliki kutu rambut. Kutu rambut mudah ditemukan yang biasanya berada di pinggir kepala,  Kulit halus di telinga dan daerah leher.

Kebanyakan kutu rambut yang hidup di kulit kepala manusia adalah jenis kutu rambut betina yang ukurannya sedikit lebih besar dari kutu rambut jantan, karena kutu rambut betina menyimpan banyak telur di tubuh belakangnya yang siap menetas kapan saja.

Kutu rambut mengalami perkembangan cukup cepat, karena menghisap darah dan mencari makanan di kulit kepala. Kutu rambut sama halnya dengan gangguan rambut pada umumnya selain ketombe. Kutu rambut juga harus dibasmi.


Menghilangkan Kutu Rambut

Memotong Rambut
Mereka yang memiliki masalah dengan kutu rambut, ada baiknya untuk memotong atau memangkas rambut. Jika kutu rambut dialami wanita, mereka bisa memotong rambut menjadi pendek agar pertumbuhan kutu tidak semakin berkembang.

Dan jika pada pria, dapat memangkas rambut hingga botak plontos sehingga tidak ada lagi kutu rambut yang hidup di kulit kepala maupun rambut.

Menggunakan Obat Kimia Pembasmi Kutu Rambut
Di apotik, di pasar atau di warung biasanya menjual obat pembasmi kutu rambut dengan berbagai merk dagang. Umumnya mereka yang memiliki masalah dengan kutu rambut merasa lebih efektif menggunakan obat bahan kimia untuk menghilangkan kutu rambut, selain menyisir rambut tiap hari dengan menggunakan sisir rapat(serit).

Namun, setiap merk pembasmi kutu rambut yang dijual pastinya mengandung efek samping terhadap rambut, misalnya rambut rontok, kulit kepala terasa gatal, tumbuhnya ketombe dsb.

Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis
Caranya dengan mencampur 2 sendok makan minyak kayu putih dengan perasan air jeruk nipis secukupnya. Kemudian oleskan campuran tersebut ke kepala sambil dipijit perlahan kulit kepala selama beberapa menit.

Kemudian tutuplah kepala dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama 1 jam, kemudian keramas sampai bersih, setelah rambut kering sisirlah rambut dengan menggunakan sisir bergigi rapat (serit) untuk membersihkan sisa-sisa telur kutu yang masih melekat di rambut atau kulit kepala. Lakukan cara ini sampai beberapa kali dalam satu minggu hingga telur dan kutu rambut hilang.

Minyak Kelapa
Hangatkan minyak kelapa, kemudian balurkan minyak kelapa hangat tersebut ke kepala dan kulit kepala secara merata. Lalu tutup kepala dengan menggunakan handuk putih bersih diamkan selama semalaman, keesokan harinya keramas seperti biasanya sampai tidak ada lagi minyak kelapanya yang tersisa di rambut. Lakukan cara ini sebelum tidur, selama 3 malam berturut-turut dan ulangi selama kutu belum hilang.

Cuka Putih
Cuka putih yang biasanya digunakan dalam beberapa sajian makanan untuk memberi rasa asam dan kecut pada makanan, ternyata bisa digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan kutu rambut.

Cuka putih sebenarnya tidak membunuh kutu rambut, hanya melepaskan genggaman telur kutu yang bergelantungan di rambut. Selain melepaskan telur kutu rambut, cuka putih juga mengandung antiseptik yang dapat membantu membersihkan kulit kepala dari kotoran, jamur dan bakteri.

Cara mengaplikasikan cuka putih adalah membasahi kepala hingga kulit kepala dengan cuka putih, sambil pijat halus secara perlahan, kemudian tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit agar cuka putih meresap dan bekerja. Setelah 30 menit, telur-telu kutu akan lepas dari rambut dan berjatuhan, kemudian sisir rambut dengan menggunakan sisir bergigi halus dan rapa (serit).

Setelah cukup membersihkan rambut, keramasi rambut sampai bersih. Jika kutu rambut dirasa masih banyak, ulangi beberapa kali samapai kutu rambut benar-benar hilang.

Demikianlah cara menghilangkan kutu rambut secara mudah, semoga cara di atas dapat berguna buat semua.Pastikan juga anda tetap menjaga kebersihan rambut anda. Tidur tanpa bantal ternyata bermanfaat untuk kesehatan, apa saja? Baca: Manfaat Tidur tanpa Bantal.

Berlangganan untuk email update gratis: