Cara Merawat Kesehatan Mata secara Alami


Cara Merawat Kesehatan Mata secara Alami
Cara Merawat Kesehatan Mata secara Alami. Mata adalah panca indera manusia yang sangat penting. Karena dengan mata kita dapat melihat dan menikmati keindahan dunia. Maka dari itu, penting bagi kita untuk merawat kesehatan mata. 

Dewasa ini semakin banyak anak-anak yang sudah menggunakan kacamata. Sayang sekali di usia yang masih muda mereka sudah harus menggunakan kacamata karena gangguan mata minus ataupun silinder.

Biasanya gangguan mata yang dialami seseorang disebabkan kebiasaan buruk orang tersebut, pola makan yang kurang benar ataupun faktor genetik. Beberapa faktor penyebab gangguan mata adalah:


Penyebab Gangguan Mata

Merokok
Merokok memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok dapat merusak bagian sensitif pada retina yang disebut makula.
   
Mata lelah
Beberapa kebiasaan seperti terlalu lama menonton tv, jarak antara tv dan mata terlalu dekat, terlalu lama membaca buku, membaca buku sambil tiduran, ataupun terlalu lama di depan komputer. Semua kebiasaan itu bisa membuat mata anda lelah dan bisa memicu kerusakan mata. 
   
Sinar Ultraviolet
Sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dapat membahayakan kesehatan mata. Sinar Ultraviolet dapat membakar kornea, menyebabkan kerusakan lensa mata dan retina, serta dapat meningkatkan resiko katarak mata.
Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah bisa merusak pembuluh darah di retina yaitu daerah di belakang mata. Penyakit mata penyebab tekanan darah tinggi sebut dengan retinopati hipertensi.

Diabetes
Jika seseorang mempunyai penyakit diabetes maka orang itu mempunyai resiko untuk terserang beberapa penyakit mata seperti glaukoma, retinopati diabetes, dimana retina dapat mengalami kerusakan parah.
    
Makanan Tidak Sehat
Pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan yang kurang sehat bagi tubuh menyebabkan tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang sempurna. Jika nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata kurang terpenuhi, maka penyakit mata akan  rentan anda alami.

Nutrisi yang penting yang dibutuhkan oleh kesehatan mata adalah vitamin A dan vitamin B-12. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan dan mata akan terasa kering. Kekurangan vitamin B-12 akan menyebabkan penglihatan menjadi kabur.
Sebelum anda mengalami gangguan kesehatan mata, ada baiknya anda menjaga kesehatan mata anda. Bukankah Mencegah lebih baik daripada mengobati. Mengingat mata adalah panca indera yang vital untuk manusia.

Tanpa memiliki indera penglihatan atau mengalami gangguan kesehatan mata, anda tentu akan mengalami kesulitan dalam menjalani aktivitas anda sehari-hari. Berikut ini adalah cara-cara menjaga atau merawat kesehatan mata, yaitu: 


Merawat Kesehatan Mata

  1. Jika anda membaca buku usahakan jarak dari buku ke mata anda sekitr 30 cm. Hal ini dimaksudkan agar mencegah mata anda terkena penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.
      
  2. Jangan membaca buku sambil tiduran, karena hal ini bisa menyebabkan penyakit mata seperti miopi.
      
  3. Gunakan penerangan yang cukup saat belajar atau membaca karena penerangan yang redup dapat mengganggu kesehatan mata.
      
  4. Usahakan mengistirahatkan mata anda, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer.
      
  5. Usahakan memakan makanan yang baik untuk kesehatan mata anda. Seperti wortel yang memiliki kandungan betakaroten yang kan menjadi  vitamin A dan telur yang mengandung protein serta vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Di dalam telur juga terkandung Lutein dan Zeaxanthin yang ada di putih telur yang bisa mencegah penyakit katarak. 
      
  6. Usahakan agar berhenti merokok bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok, karena merokok dapat menyebabkan penyakit mata seperti katarak.
      
  7. Periksakan mata anda ke dokter bila anda merasa ada gangguan pada mata anda atau bila mata anda kemasukan benda-benda kecil.

Dengan merawat kesehatan mata dengan benar, tentunya mata kita akan terjaga dan akan terhindar dari yang namanya penyakit atau permasalahan.

Berlangganan untuk email update gratis: