Cara Merawat Kuku agar Mengkilap


Cara Merawat Kuku agar Mengkilap
Cara Merawat Kuku agar Mengkilap. Kuku adalah sel epidermis yang berubah bentuk.  Bagian kuku yang ada di dalam kulit disebut akar kuku, kuku tumbuh dari akar kuku dengan kecepatan rata-rata 1mm per minggu. Kecepatan ini tergantung dari tingkat nutrisi seseorang.

Kuku terbentuk  dari keratin protein yang hampir sama dengan rambut, mengandung sebagian besar adalah sulfur dan kalsium Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan.

Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit. Kuku yang baik adalah kuku yang tidak terlalu tebal, juga tidak terlalu tipis, sehingga cukup kuat dan tidak rapuh. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang penuh urat saraf dan mempertinggi daya sentuh.

Kuku tangan dan kaki yang tidak terawat dan kotor tentu akan memperburuk penampilan dna bisa menjadi sumber penyakit. Maka dari itu anda perlu merawat dan menjaga kecantikan kuku, terutama bagi kaum hawa.  Kuku yang bersih dan mengkilap akan membuat kuku anda terlihat lebih indah dan sehat.


Cara Merawat Kuku agar Mengkilap

Kulit Semangka
Anda dapat memanfaatkan kulit semangka untuk merawat kuku. Cukup dengan menggosokkan kulit semangka pada kuku dan diamkan hingga air semangka pada kuku mengering. Lalu lap sampai bersih kuku anda.

Belimbing Wuluh
Warna hijau serta asam dapat membuat kuku lebih terasa bersih dan membuat kuku menjadi mengkilap. Caranya mudah, hanya dengan menggosokkan belimbing wuluh pada kuku. hingga kuku lebih kelihatan bersih.

Lemon atau Jeruk Nipis
Campurkan satu sendok perasan lemon atau jeruk nipis dengan pasta gigi, lalu aduk rata. Oleskan pada kuku dan tunggu sampai kering. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Lakukanlah sekali dalam seminggu.

Bawang Putih
Anda dapat menggunakan bawang putih untuk merawat kuku. Caranya dengan memarut bawang putih hingga halus lalu oleskan pada kuku. Tunggu beberapa menit, lalu bersihkan kuku anda. Anda juga bis menggosokan langsung bawang putih pada kuku anda. Lakukanlah secara rutin.

Madu, Telur, dan Minyak Zaitun
Bila anda memiliki kuku yang kering dan kurang nutrisi, anda dapat mencampurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun. Lalau panaskan dan aduk hingga rata, siapkan kocokan telur. Dan campur tiga bahan tersebut. oleskan pada kuku anda secara merata, tunggu 10-15 menit, lalu bersihkan kuku anda.

Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki manfaat untuk merawat kuku. Caranya, bersihkan lidah buaya dan oleskan secara merata pada kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kuku akan terlihat lebih cantik dan bening.

Baking Powder
Anda bisa menggunakan baking powder untuk merawat kuku anda. Campurkan baking powder dengan air hangat. Lalu gunakan air hangat yang sudah dicampur baking powder untuk merendam kuku selama 5-10 menit.Setelah direndam lalu dibilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah perawatan seminggu sekali.

Selain tips-tips di atas, anda juga dapat melakukan perawatan kuku di salon terdekat. Seperti menicure atau pedicure. Selain tips merawat kuku agar mengkilap di atas anda bisa banyak-banyak mengkosumsi air putih agar kuku lebih terasa lembab dan tidak kering, selain itu ditambah juga sayuran dan buah-buahan, Baca : Cara Mudah Mengatasi Miyak Berlebih pada Wajah

Berlangganan untuk email update gratis: