Cara Merawat Kulit dengan Baik dan Benar


Cara Merawat Kulit dengan Baik dan Benar
Cara Merawat Kulit dengan Baik dan Benar. Terlepas dari apapun warnanya, kulit merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan harus dirawat. Kulit merupakan bagian paling luar tubuh yang bersifat lentur dan lembut.

Kulit melindungi organ-organ internal tubuh dari unsur-unsur eksternal seperti sinar ultraviolet dari matahari, suhu, bahan kimia, debu dan unsur-unsur berbahaya lainnya. Selain itu kuit juga berfungsi untuk menahan air, mencegah infeksi dan memproduksi protein esensial serta vitamin.

Kulit adalah organ tubuh manusia yang terus berkembang dan selalu berubah sepanjang hidup manusia. Bahkan menurut peneitian, manusia menanggalkan sekitar 40.000 se kulit per menit. 

Kulit manusia terdiri dari tiga lapisan. Lapisan paling luar yang biasa dilihat oleh mata kita biasa disebut epidermis atau lapisan luar. Lalu di bawahnya terdapat lapisan tengah atau dermis.

Lapisan terdalam biasa disebut hypodermis atau lapisan lemak di bawah kulit. Setiap lapisan mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda antara lapisan satu dengan lapisan lainnya. Epidermis yang merupakan lapisan terluar kulit, sering sekai terpapar sinar ultraviolet dari matahari dan unsur berbahaya lainnya.

Fungsi dari epidermis adalah memberikan pigmen dan menghasilkan sel-sel kulit baru sebagai pengganti sel-sel yang telah mati. Dermis atau lapisan tengah merupakan lapisan yang mengandung reseptor sentuhan dan rasa sakit seperti pembuluh darah, folike rambut, kolagen dan elastin.

Lapisan terdaam kulit atau hypodermis terdiri dari lemak dan kolagen yang menyerap goncangan dan melindungi organ-organ internal. 

Orang Indonesia banyak yang mendambakan kulit putih bagai orang-orang di luar negeri. Itu tidak terjadi karena mungkin stereotype orang Indonesia yang beranggapan bahwa orang berkulit putih dan terang itu cantik, tampan, lebih terawat dan sebagainya.

Padahal tidak, penelitian membuktikan bahwa orang berkulit gelap lebih tahan akan sinar matahari dan mempunyai resiko lebih kecil akan serangan kanker kulit. Jadi berbanggalah dengan apapun warna kulit anda. 

Terlepas dari apapun warna serta jenis kulit anda, setiap kulit dapat mengalami bercak merah kasar, kering, berkerut dan rusak. Maka dari itu perlindungan serta perawatan pada kulit amatlah penting bagi semua warna dan jenis kulit.

Pembersihan kulit menggunakan pembersih yang tersedia di pasaran pun bdapat menjadi salah satu cara merawat kulit, karena kebersihan kulit sangat berkaitan erat dengan kondisi kesehatan kulit. Tetapi jangan salah memilih produk, karena lain orang lain pula jenis kulitnya dan produk yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk anda pakai.Berikut, cara merawat kulit dengan benar:


Cara Merawat Kulit dengan Baik dan Benar

Hindari Air Panas dan Sabun yang Keras
Jangan pernah memakai air panas untuk membersihkan kulit anda. Gunakanlah air hangat untuk membersihkan kuit anda. Juga gunakan sabun yang lembut, karena sabun yang lembut bekerja lebih baik untuk kulit kering.

Sesuaikan Kosmetik dan Produk Perawatan dengan Jenis Kulit Anda
Sesuaikan kosmetik yang anda pakai dengan jenis kulit anda. Jangan memaksakan, karena akan berefek kurang baik bagi kulit. Umumnya, kosmetik berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak dan kosmetik berbahan dasar minyak cocok untuk kulit kering.

Lakukan Perawatan
Lakukannya perawatan kulit alami seperti pembersihan, penyegaran, pelembaban, lulur dan masker alami secara teratur. Tidak pergi ke salon perawatan, internet banyak menyediakan informasi mengenai bahan alami yang bisa dipakai untuk perawatan kulit.

Bersihkan Make Up
Bagi para wanita, usahakan untuk membersihkan make up anda sebelum tidur. Jangan tidur dengan keadaan wajah penuh make up karena hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kulit

Konsumsi Air
Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, konsumsi air dengan banyak atau minima 8 gelas per hari akan berefek sangat bagus bagi tubuh kita secara keseluruhan. Konsumsi air juga dapat membuat kulit terasa lebih segar dan lebih kencang.

Konsumsi Makanan Sehat
Mengkonsumsi makanan berlemak dapat berefek buruk pada kulit. Konsumsilah makanan sehat seperti sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A, B, C dan E yang baik untuk tubuh serta kulit. Jangan lupa pua untuk melengkapinya dengan susu.

Olahraga Teratur
Olahraga yang teratur dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen inilah yang membantu proses detoksifikasi racun dari tubuh dan membantu untuk mencegah timbulnya keriput pada kulit.

Pijat
Massage atau pijat dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Pijat juga membantu merangsang sel-sel kulit wajah untuk meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit lebih muda dan lebih cerah.

Istirahat yang Cukup
Mengistirahatkan tubuh sesuai waktu dan porsinya, mempunyai banyak manfaat bagi tubuh termasuk pada kulit. Tidurlah selama 7-8 jam pada waktu malam secara teratur. Maka tubuh akan terasa segar dan fit.

Salah satu yang terpenting dari perawatan kulit adalah kebersihan diri sendiri dan lingkungan. Jika kita rajin untuk membersihkan diri kita, maka rasa aman terhadap penyakit-penyakit kulit dan gangguan kulit akan hilang. Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat kita beraktifitas. Karena akan percuma jika kebersihan pribadi tidak ditunjang dengan kebersihan lingkungan, Baca : Penyebab, Gejala, dan Obat Mengatasi kekurangan Darah


Berlangganan untuk email update gratis: