Manfaat Kegunaan Bunga Mawar bagi Kesehatan


Manfaat Kegunaan Bunga Mawar bagi Kesehatan
Manfaat Kegunaan Bunga Mawar bagi Kesehatan. Siapa yang tidak kenal bunga mawar. Bunga yang umumnya kita jumpai berwarna merah ini sering dijumpai di florist atau di pasar tradisional. Bunga mawar disimbolkan sebagai simbol kasih sayang. Kesan romantis yang ditimbulkan pun semakin kuat terlihat dari keindahan warna serta aromanya.

Maka dari itu, banyak yang memilih bunga mawar ini untuk diberikan kepada orang yang dikasihi. Pada tahun 1968, presiden Amerika Serikat meresmikan bunga mawar sebagai bunga nasional negaranya.

Tak heran sekitar 85% konsumsen mawar di seluruh dunia ada di Amerika Serikat. Mawar yang disimbolkan sebagai lambang kasih sayang ini membuat penjualannya melonjak pada hari-hari perayaan yang berkaitan dengan kasih sayang seperti valentine dan hari ibu.

Bunga mawar termasuk suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa.Pada umumnya spesies mawar ini adalah tanaman semak berduri atau tanaman memanjat yang bisa mencapai tinggi 2 sampai 5 meter. Daunnya memiliki panjang 5 sampai 15 centimeter.

Pada umumnya mawar mempunyai duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi untuk mengurangi kerusakan, melindungi akar dan juga memanjati tanaman lain. Pada beberapa spesies, duri yang tumbuh beradaptasi menjadi lurus seperti jarum, biasanya timbul pada spesies yang tumbuh di tanah berpasir seperti Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia. 

Sebenarnya, mawar bukannlah tanaman tropis, tanaman ini membutuhkan udara sejuk untuk tumbuh dan berkembang.  Bunga mawar yang seringkali kita jumpai umumnya berwarna merah atau putih.

Tetapi sebenarnya bunga mawar mempunyai banyak warna seperti merah muda, hijau, peach, biru,dll. Untuk mawar biru merupakan mawar hasil rekayasa genetika para ilmuwan karena alam sendiri tidak menghasilkan pigmen biru alami di dalam bunga mawar. Faktanya ada sekitar 100-150 spesies mawar tersebar di bumi ini.

Hanya sebagian kecil yang tumbuh di Asia Tenggara, yaitu yang berdaun hijau sepanjang tahun. Kebanyakan mawar tumbuh di bumi bagian utara dimana suhu lebih sejuk dari negara-negara tropis.

Ternyata bunga mawar masih merupakan kerabat dekat dengan buah-buahan seperti apel, pir, ceri dan almond. Kandungan vitamin C pada kelopak mawar ternyata lebih besar dari buah-buahan tadi.

Selain banyak mengandung vitamin C  ternyata bunga mawar mengandung banyak manfaat lain seperti melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, anti radang, menghilangkan bengkak dan menetralisir racun. Berikut kegunaan mawar untuk kesehatan:

Manfaat Kegunaan Bunga Mawar bagi Kesehatan

  • Aroma mawar sejak jaman dahulu dipercaya untuk mengatasi stress dan anti depresi. Karena itulah mawar dipakai sebagai bunga hias yang biasa ditaruh di dalam rumah.

  • Kandungan zat yang menenangkan pada mawar dapat menjadi efek terapi untuk meringankan sakit kepala yang menyerang.

  • Kandungan polifenol pada mawar dapat melembabkan kulit. Sedangkan kandungan omega 3 dan omega 6 pada mawar dapat memperbaiki kerusakan kulit. Kandungan vitamin C  yang tinggi pada mawar pun dapat meingkatkan kolagen pada tubuh yang salah satu fungsinya dapat menyehatkan mata.

  • Bunga mawar dapat mengatasi bengkak, caranya cuci bersih bunga mawar lalu ditambah daun sembung. Rebus dengan air sekitar 600ml lalu minum airnya 2 kali sehari.

  • Bunga mawar dapat meringakan gangguan kesehatan seperti batuk. Seduh bunga mawar dengan air panas. Tambahkan gula secukupnya lalu minum 2 kali sehari untuk meringankan batuk. Untuk serangan campak dan melancarkan siklus haid pun bisa dilakukan dengan cara yang sama

  • Akar mawar dapat digunakan untuk mengatasi keputihan pada wanita. Cukup keringkan akar mawar, rebus, lalu minum air saringannya.

  • Mawar pun dapat mengatasi masalah pencernaan dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap prima. Pengobatan ini sudah dipercaya masyarakat India sejak dulu.

Bunga simbol kasih sayang ini ternyata mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan. Tidak hanya berfungsi sebagai hiasan atau hadiah kepada orang tersayang, mawar ternyata bisa meringankan banyak penyakit.

Selain harum dan indah, mawar dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan secara alami yang dapat anda coba di rumah, Baca : Mengatasi Gatal Pada Selangkangan


Berlangganan untuk email update gratis: