Mengatasi Pinggang Sering Sakit


Mengatasi Pinggang Sering Sakit
Mengatasi Pinggang Sering Sakit. Sering kali saat ingin berdiri, duduk, jongkok, memutar atau memiring. Merasakan sakit pinggang, hal tersebut bisa saja dikarenakan kesalahan sikap badan, kurangnya olahraga dan masih banyak lagi.

Sakit pinggang bisa dipengaruhi oleh penyakit lain, seperti sakit pinggang, gangguan jantung, kanker, dan penyakit tulang. Jika sakit pinggang lebih dari 3 bulan maka disebut sakit pinggang kronis. Sakit pinggang memiliki kaitan erat dengan susunan dan fungsi tulang belakang hingga ketulang ekor. Tulang belakang atau punggung memiliki ruas tulang yang membentuk satu kesatuan yang berfungsi untuk tubuh ketika berdiri, duduk dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Tulang belakang juga memiliki titik tulang syaraf yang akan membentuk lengkungan apabila terjadi gesekan antara tulang. Gesekan antara tulang ini umumnya berfungsi untuk menggerakkan tubuh ketika berputar ke arah kiri ataupun kanan.


Penyebab Pinggang Sering Sakit

Posisi atau gerak tubuh yang salah sehingga mengakibatkan urat dan tulang belakang terjepit dan menimbulkan nyeri pinggang

Terlalu sering membawa dan mengangkat barang-barang berat, ini adalah salah satu penting, karena jika anda mengangkut beban yang hanya sendirian. Maka membuat pinggang anda lemah dan tidak bisa menahan beban yang berat lebih dari kualitas yang harus anda bawa. Atau anda bisa meminta bantuan orang lain jika membawa beban berat.

Pada wanita, juga dapat ditemukan sakit pinggang akibat sering menggunakan sepatu hak tinggi terlalu lama, sehingga membebani kaki dan pinggang. Akibat yang timbul tidak hanya membuat kaki, betis  terasa sakit dan nyeri bahkan rasa tersebut juga dapat dirasakan pada bagian pinggang.

Posisi tidur yang salah atau alas tidur yang selalu tipis tidak sesuai dengan tinggi badan. Sehingga posisi badan dibiarkan tertekuk terlalu lama. Saat tidur semalaman dengan posisi yang terbentang, maka membuat pinggang anda terbebani, nah jika anda tidur dengan miring, maka bisa mengurangi bebannya pinggang anda.

Tempat tidur yang empuk memang enak, tapi ini juga tidak terlalu baik untuk kesehatan tulang belakang anda. Jadi, pastikan tempat tidur anda tidak terlalu empuk dan terlalu keras. Tempat tidur yang bagus adalah tempat tidur yang mampu membuat tubuh merasa stabil saat tidur.


Mengatasi Pinggang Sering Sakit

Luruskan Badan
Jika selama ini anda duduk membungkuk atau berjalan membungkuk, cobalah sekarang untuk membiasakan badan anda lurus, karena dengan begitu otot pinggang anda terasa nyaman.

Kurangi Beban Tas
Hati-hati dengan isi tas anda, ini akan menyebabkan sakit pinggang, untuk itu kurangi isi tas anda, bawalah barang yang benar-benar penting, pakailah tas dengan benar, jika tasnya terlalu panjang maka bawalah tas anda dengan menyamping dengan tali menyilang didada. Pilih juga tas yang talinya agak lebar.

Kurang melakukan olahraga yang dapat menggerakkan otot-otot dan kelenturan sendi-sendi. Sehingga otot dan sendi tubuh mudah mengalami cidera dan sakit.

Untuk mengurangi rasa dan untuk mencegah akibat yang lebih parah dari sakit pinggang, dianjurkan penderita melakukan gerak tubuh. Perhatikan sikap tubuh agar terhindar dari kondisi tubuh yang membungkuk atau lakukan aktivitas berbaring datar atau membungkuk-bungkuk secara teratur.

Hendaknya juga mengupayakan juga keseimbangan antara istirahat dan kegiatan fisik. Aktifitas perlu diperhatikan, tubuh harus mendapatkan istirahat yang cukup, hal ini mencakup pola hidup yang sehat, pola makan yang sehat, pola nilai yang sehat dan pola pikir yang sehat.

Dari penyebab dan cara mengatasi pinggang sering sakit di atas tentunya kami berharap anda dapat pengetahuan lebih dari sebelumnya. Dan selain itu apa bila anda mempunyai mulut yang bau dan ingin menghilangkannya bisa membaca, Cara Menghilangkan Bau Mulut.

Berlangganan untuk email update gratis: