Penyebab Penyakit Amandel


Penyebab Penyakit Amandel
Penyebab Penyakit Amandel. Amandel adalah satu bentuk infeksi yang bisa menyebabkan masalah radang tenggorokan. Amandel pada anak sebenarnya merupakan organ yang sangat berfungsi bagi anak yang berusia 4-10 tahun karena amandel merupakan suatu organ yang mempunyai fungsi sebagai pertahanan tubuh.

Terutama pada bagian pernafasan dibagian atas. Amandel yang sudah tidak memiliki fungsi akan menjadi tempat berkumpulnya dari banyak kuman sehingga bisa menyebabkan infeksi yang terjadi pada daerah tenggorokan.

Amandel pada anak sendiri bisa digolongkan ke dalam dua jenis, yakni amandel yang bersifat akut dan juga amandel yang bersifat kronis. Gejala yang dirasakan dari radang amandel pada anak adalah ditandai dengan adanya demam,nyeri saat menelan dan juga muntah.

Sedangkan radang amandel pada anak yang kronis dirasakan adanya batuk, pilek, suara yang menjadi kurang jelas, tidur dengan kodisi mulut terbuka, menurunnya suatu aktivitas, menjadi lemas, dan menjadi lebih sering tidur dari biasanya kadang juga muntah.

Untuk mengatasi radang amandel pada anak bisa melakukan pemeriksaan amandel sejak mereka berusia dini untuk mengetahui apakah amandel ini mengalami pembengkakan atau tidak. Menghindari konsumsi es serta makanan yang banyak mengandung asam dan juga pedas karena hal ini bisa memperparah kondisi amandel. Menjaga daya tahan tubuh anak dengan memberikan asupan makanan yang kaya nutrisi yang cukup dan juga seimbang bagi tubuh misalnya adalah sayur dan juga buah.

Pengobatan Amandel
Pencegahan umumnya ditujukan untuk mengurangi tertularnya infeksi rongga mulut dan tenggorokan yang dapat memicu terjadinya infeksi tonsil. Namun ada pula beberapa cara untuk mewaspadai terjadinya tonsil tersebut.

Diantaranya cara pencegahan yang utama adalah selalu mencuci tangan sesering mungkin guna mencegah penyebab mikroorganisme itu dapat menimbulkan tonsilitis. Pencucian tangan ini dilakukan bila yang bersangkutan akan memegang makanan untuk masuk kedalam mulutnya.

Disamping itu perlu selalu mencuci tangan untuk menghindari infeksi tenggorokan. Pencegahan ini dilakukan kurang 14 jam setelah penderita infeksi tenggorokan mendapatkan obat antibiotik, terutama bila penyebab itu oleh kuman.

Disamping itu upayakan juga untuk tidak meminum air, baik air putih, air teh, atau kopi yang masih panas, sebab bisa mengakibatkan terganggunya tenggorokan. Sebaiknya ditunggu sampai agak dingin dulu. Dan juga diusahakan pula untuk menjauhi minuman yang mengandung alkohol atau minuman keras.

Dalam menjaga pola makan juga perlu diperhatikan, Usahakan untuk minum banyak air atau cairan seperti sari buah, susu, terutama selama demam.

Berikan makanan dalam bentuk lunak sehingga mempermudah mengunyah makanan.

Sebaiknya hindari minum es, sirup, es krim, gorengan, makanan yang diawetkan, makanan dan snack yang menggunakan penyedap rasa.

Berikan makanan sumber antioksidan (beta karoten, vitamin C, vitamin E) untuk meningkatkan kekebalan tubuh, seperti sayuran hijau, labu kuning, tomat, wortel, jeruk, kiwi, jambu biji, melon, kacang-kacangan, hati, telur dan susu.

Cara Mengatasi Amandel

Bubuk kering Sambiloto
Bubuk kering sambiloto 10-15 gram,madu secukupnya. Caranya seduhlah bubuk kering herba sambiloto dengan air panas, kemudian biarkan hingga air seduhan ini dingin, dan setelah itu tambahkan dengan madu. Kemudian minumlah ramuan ini sekaligus.

Akar udara beringin
Siapkan akar udara beringin sekitar 180 gram, cuka 1 gelas. Caranya, potonglah akar beringin seperlunya saja, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga air rebusan yang tersisa hanyalah 1 gelas, tambahkanlah dengan cuka dan kemudian biarkan hingga air rebusan ini menjadi dingin. Kemudian gunakan air rebusan ini sebagai obat kumur, dan lakukanlah beberapa kali sehari.

Nah, itulah paparan tentang  penyebab dan cara pengobatan penyakit amandel, semoga bermanfaat bagi semua. Selain amandel, masalah mulut yang sering terjadi adalah gigi kuning, kami punya cara mengatasinya baca: Cara Memutihkan Gigi.

Berlangganan untuk email update gratis: