Penyebab Penyakit Asma


Penyebab Penyakit Asma
Apa Penyebab Penyakit Asma?  Penyakit “asthma” diambil dari bahasa yunani yang artinya “sulit bernapas”.  Penyakit Asma adalah keadaan dimana saluran pernafasan bagian bronkhial paru-paru   mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan.

Gejala awal dari penyakit asma adalah adanya sesak nafas, batuk, dan suara menjadi mengi atau bengek yang disebabkan karena adanya penyempitan dan sumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada yang membuat saluran udara menjadi terhambat. Asma lebih banyak menyerang penderitanya pada pagi dan malam hari.

 

Gejala Asma

  • Bersin-bersin, hidung berair atau mampet
  • Susah tidur
  • Di bawah mata terdapat lingkaran berwarna hitam
  • Mual dan ingin muntah
  • Mengalami demam ringan dan dahi berkeringat
  • Gatal pada tenggorokan dan biasanya mengalami batuk-batuk
  • Untuk mempermudah bernafas perderita selalu mencoba untuk duduk tegak lurus.
  • Sesak bagian dada dan tersengal-sengal
  • Nafas berat biasanya mengeluarkan bunyi bengek (mengi).
  • Sulit untuk konsentrasi dan berbicara
  • Kesulitan bernafas sehingga tubuh terlihat sedikit membiru
  • Sering merasa seperti tersedak
  • Merasa tegang, gugup dan ketakutan
  • Merasa capek



Penyebab Penyakit Asma

Penyakit Turunan
Penyakit asma merupakan penyakit turunan, misalnya jika anda mengetahui seseorang yang mengidap penyakit asma, bisa dipastikan ia mewarisi penyakit ini dari orang tuanya maupun kakek atau neneknya.

Aspek Genetik
kemungkinan alergi, Jenis kelamin, dan Ras atau etnik juga dapat menyebabkan penyakit asma.

Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh seseorang dengan orang lainnya tentu berbeda. Para penderita asma umumnya mempunyai respon alergi yang berlebihan terhadap faktor-faktor yang menurut orang lain biasa.

Udara Dingin
Udara dingin merupakan salah satu pemicu penyakit asma. Misalnya saja, AC di ruangan yang terlalu dingin juga dapat memicu asma. Mengendarai kendaraan bermotor di malam hari tanpa mengenakan jaket juga sangat berbahaya bagi pengidap penyakit asma. Bila anda adalah pengidap penyakit asma disarankan untuk membawa jaket jika pergi ke luar rumah bila cuaca sedang dingin.

Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman juga dapat memicu kambuhnya penyakit asma. Beberapa makanan dapat berefek buruk pada penderita asma dan sangat tidak disarankan untuk pengidap penyakit asma yaitu makanan yang mengandung MSG tinggi, mengandung pengawet,makanan dan minuman yang mengandung pewarna sintetik  dan minuman yang bersifat dingin.

Lingkungan
Lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab penyakit asma. Jika anda memiliki penyakit asma dan sering berada di lingkungan berdebu, kotor dan kurang nyaman maka penyakit asma lebih mudah kambuh. Jadi bagi anda yang mengidap penyakit asma seharusnya lebih memperhatikan lingkungan disekitar anda. Misalnya saja, anak-anak yang memiliki penyakit ini, usahakan untuk tidak bermain hewan-hewan seperti kucing, kelinci, hamster atau hewan lain yang memiliki bulu-bulu halus. Jauhkan juga dari boneka-boneka yang memiliki bulu halus.

Emosi yang berlebihan
Bila anda seorang penderita asma, janganlah emosi yang berlebihan. Marah sampai semarah-marahnya atau menangis tersedu-sedu. Beberapa emosi yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit asma anda kambuh.

Obat - Obatan Tertentu
Bila anda seorang penderita asma maka berhati-hatilah mengkonsumsi obat-obatan. Karena, jenis obat-obatan tertentu dapat menyebabkan asma anda kambuh. Sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter agar anda tahu obat-obatan jenis apa saja yang berbahaya untuk penderita asma.

Polusi Udara dan Debu
Tingkat polusi yang semakin tinggi dari hari ke hari, harus anda waspadai. Karena, penderita asma sangat sensitif pada polusi udara. Ada baiknya bila anda akan melakukan aktivitas di luar rumah, hendaklah anda membawa masker untuk menghindari diri dari polusi dan debu.

Perubahan Cuaca
Perubahan cuaca dari musim hujan ke musim panas atau seblaiknya dari musim panas ke musim hujan. Anda harus waspada denga perubahan cuaca, karena perubahan cuaca dapat menjadi pemicu kambuhnya penyakit asma anda.

Itulah penyebab-penyebab penyakit asma. Jika anda penderita asma dan anda telah mengetahui penyebab-penyebab penyakit asma, anda dapat lebih waspada lagi. Sehingga frekuensi kambuhnya penyakit asma anda dapat berkurang, Baca : Manfaat Kegunaan Mawar bagi Kesehatan

Berlangganan untuk email update gratis: