Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah


Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah
Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah. Tumit kaki yang pecah-pecah sangatlah mengganggu aktifitas keseharian anda serta mengganggu penampilan anda tumit kaki yang pecah disebabkan oleh kaki yang kering,  tumit kaki yang pecah juga bisa berakibat infeksi jika tidak segera ditangani.

Kondisi ini pada umumnya bisa terjadi karena kurang perawatan tetapi juga bisa terjadi akibat kering, secara medis tumit pecah juga dikenal dengan celah tumit akibat kapalan.

Kapalan ini lama-kelamaan karena tekanan berat tubuh akan meluas kesamping menjadi kering dan meyebabkan tumit pecah hal ini akan mempengaruhi permukan kulit yang terdiri dari epidermis dan terkadang bisa mendalam dan juga bisa menembus ke dermis yang menyebabkan rasa sakit .

Tumit pecah –pecah dan kering  juga bisa dikarnakan tubuh kekurangan vitamin dan mineral (seng dan zat besi dan asam lemak serta omega 3) kulit kering  merupakan penyebab paling umum timbulnya tumit pecah-pecah karena kurangnya perawatan kaki  yang sebenarnya bisa diatasi bahkan dihindari walupun umumnya tidak membahayakan, tetapi kalau lama-kelamaan di abaikan hal ini dapat menimbulkan kulit berdarah pada retakan tumit yang pecah-pecah dan rasa yang menyakitkan bahkan hal ini bisa mengakibatkan infeksi  dan harus dihindari terutama bagi pendarita kronis seperti diabetes, penurunan sistem kekebalan tubuh, usia, atau penyakit lain yang mungkin bisa mengambat penyembuhan.

penyebab terjadi kondisi tumit pecah-pecah diantaranya yaitu kulit kering,berdiri terlalu lama,kelebihan berat badan ,kaki terkena air terus menerus ,kulit bersisik dan juga mempunyai gangguan pada penyakit kaki seperti eksim,tiroid,diabetes  serta kekurangan vitamin,mineral dan zat besi. Gejala awal  yang sering muncul dari kondisi ini yaitu kulit merah dan bersisik ,kulit mengelupas  serta kulit menjadi  gatal perlu penanganan yang cepat dilakukan agar terhindar dari infeksi. 

 

Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Minyak Sayur
Oleskan Minyak sayur terhidrogenasi setelah mencuci besih di daerah kaki yang kering dan pecah-pecah setelah itu pakai kaos kaki yang tebal, lakukan setiap malam selama beberapa hari.

Jus Lemon
Rendam kaki kedalam Jus lemon sekitar 10-15 menit kemudian gosok dengan batu apung atau sikat kaki lembut untuk menghilangkan kulit mati dilapisan kulit bagian atas yang menyebabkan tumit kering dan pecah-pecah.

Rendam Kaki Dengan Air Hangat
Membersihkan dan melembabkan kulit adalah cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini caranya pada sore hari rendam kaki anda kedalam air hangat atau bisa juga air sabun yang hangat sekitar 15 menit.

Alpukat
Iris setengah buah alpukat kemudian haluskan hingga menyerupai pasta setelah itu oleskan pada bagian tumit yang pecah-pecah.

Timun
Blender mentimun lalu oleskan cairannya pada tumit yang pecah sambil di pijat –pijat selama 10 menit.

Anda juga dapat menggunakan lotion tumit dan kaki yang beredar luas dipasaran pilihlah yang sesuai dengan kondisi kulit kaki anda, jangan biarkan hal ini berangsurlama karena dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Serta banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E  dan Mineral contohnya sayuran hijau, gandum,sereal,kacang-kacangan, susu,keju,daging,ayam dan sebaginya.Mencegah baik dilakukan sebelum mengobati  

 

Cara Mencegah Tumit Pecah-Pecah

  • Rajin membersihkan kaki

  • Rajin melembabkan kulit kaki

  • Hindari berjalan kaki tanpa alas

  • Jangan terlalu lama terkena air atau di tempat yang basah

  • Rendam kaki dengan air  hangat minimal 1 minggu sekali

  • Pakailah sepatu/sandal yang nyaman dengan aktifitas keseharian anda

Rawatlah selalu kebersihan kaki anda agar terhindar dari bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, dengan memiliki kulit kaki yang sehat andapun bebas berakfitas dan menjaga penampilan anda sekian dan terimakasih, Baca : Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Berlangganan untuk email update gratis: