Manfaat Buah Jeruk bagi kesehatan


Manfaat Buah Jeruk bagi kesehatan
Manfaat Buah Jeruk bagi kesehatan. Buah jeruk merupakan buah yang berwarna orange atau kuning kehijau-kehijaun. Bentuknya bulat dan rasanya ada yang manis atau juga asam.

Buah ini bukan merupakan buah musiman seperti mangga, buah jeruk adalah buah yang gampang ditemukan di pasar tradisional ataupun supermarket, harganya pun relatif terjangkau. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta memiliki kadar kalori yang rendah. Buah ini cocok dikomsumsi untuk anda yang sedang menjalani program diet.

Satu buah jeruk yang beratnya sekitar 140 gram, memiliki sekitar 69 jumlah kalori tanpa lemak, dengan karbohidrat sebesar 11 gram dan mengandung 3 gram serat makanan. vitamin C adalah vitamin yang mengandung antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi fungsi kekebalan tubuh yang baik.

Jeruk juga memiliki 82 mg vitamin C.  Buah ini juga bebas dari natrium dan memiliki 232 mg kalium atau sekitar 7 persen dari yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.


Manfaat Buah Jeruk bagi kesehatan

Rendah Kadar Gula
Kadar glikemik indeks dalam buah jeruk hanya berjumlah 40. Jumlah yang tergolong rendah, jadi jeruk mengandung karbohidrat sehat yang baik untuk anda yang sedang diet karena tidak akan menaikkan berat badan atau buah ini juga baik untuk anda penderita diabetes karena kadar gula yang terkandung rendah.

Menetralkan Keasaman Tubuh
Buah ini berguna untuk menyeimbangkan kadar keasaman dalam tubuh.

Melindungi Kulit
Antioksidan dalam jeruk dapat melindungi sel dari kerusakan dan melindungi kulit dari tanda penuaan.

Menyehatkan Mata
Pada buah jeruk komponen carotenoid diubah menjadi vitamin A. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata anda.

Mengontrol Tekanan Darah
Jeruk mengandung flavonoid yang berfungsi mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Mencegah Kanker
Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa kandunga vitamin C dan antioksidan dalam jeruk dapat mengurangi risiko kanker perut, mulut, serta kanker laring sebesar 40 sampai 50 persen.

Menjaga Kesehatan Pernapasan
Jeruk mengandung karotenoid yang disebut beta-cryptoxanthin. Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention” menemukan bahwa makanan yang kaya beta-cryptoxanthin seperti jeruk dapat menjaga kesehatan pernapasan dan bahkan mengurangi resiko kanker paru-paru sebesar 27%.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Vitamin C dalam jeruk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin dapat mencegah datangnya flu.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Serat dalam buah jeruk dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Serat dlama buah ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Menurunkan Tekanan Darah dan Mencegah Osteoporosis
Kalium dalam buah jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membantu menjaga kepadatan tulang, sehingga anda dapat terhindar dari osteoporosis.

Berguna sebagai Anti-inflamasi
Kandungan hesperidin dalam buah ini dapat mengurangi peradangan. Peradangan kronis dapat berkontribusi pada penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

Mencegah Penyakit Batu Ginjal
Dengan minum jus jeruk setiap hari secara rutin maka anda dapat menurunkan resiko penyakit batu ginjal. Namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsi jus jeruk , karena gula yang pecah ketika jeruk diolah menjadi jus mampu membuat gigi cepat berlubang

Mengatasi Sembelit
Buah jeruk juga berguna untuk mengatasi sembelit dan masalah susah buang air besar.

Pengendalian Berat Badan
Jeruk  dapat membantu anda dalam upaya mengendalikan berat badan. Anda harus membatasi asupan kalori untuk mencegah kenaikan berat badan atau menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi jeruk secara rutin setiap harinya, itu dapat membantu untuk mengontrol asupan kalori, karena jeruk memiliki kalori rendah dan serat yang  tinggi.

Banyak mengkonsumsi buah sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya jika kita rutin mengkonsumsi si bulat orange ini, selain mudah didapat dan harganya murah Jeruk juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita, Baca : Penyebab Bau Ketiak

Berlangganan untuk email update gratis: