Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami


Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami
Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami. Setiap orang rata-rata memiliki sekitar 100.000 helai rambut dan setiap harinya 100 helai rambut akan rontok. Setiap helai rambut berumur 4,5 tahun, dengan pertumbuhan sekitar 1 cm/bulan. Biasanya pada tahun ke 5 rambut akan rontok dan dalam waktu 6 bulan akan diganti oleh rambut yang baru. Bila rambut yang rontok lebih dari 100 helai per hari maka ini mengindikasi anda mengalami kerontokan rambut.


Faktor Penyebab yang Menyebabkan Kerontokan Rambut

Penyakit
Beberapa penyakit seperti lupus, sifilis,gagal ginjal atau efek kemoterapi pada penderita kanker dapat menyebabkan kerontokan.

Hormon
Ketidakseimbangan hormon juga dapat menjadi penyebab kerontokan. Contoh dari hal ini adalah siklus menstruasi wanita. Perubahan hormon terjadi pada masa ovulasi yang dapat menyebabkan beberapa rambut menjadi tipis.

Stress
Ketika anda stress makan rambut akan lebih cepat rontok dibandingkan saat-saat biasa.

Gaya Rambut
Sering mengubah-ubah gaya rambut juga dapat menyebabkan kerontokan karena beberapa gaya rambut menyebabkan rambut tertarik hingga akarnya. Sehingga membuat rambut lebih rapuh dan mudah patah.

Bahan Kimia
Bahan kimia yang biasanya terdapat pada bahan-bahan yang digunakan untuk pelurusan dan pewarnaan rambut juga dapat menyebabkan kerontokan bila digunakan secara berlebihan. 

Kekurangan Zinc
Kekurangan asupan Zinc dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

Radikal Bebas dan Paparan Sinar Matahari
Radikal bebas, paparan sinar matahri, dan polusi dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut.

Kebiasaan Mengikat Rambut
Kebiasaan wanita yang mengikat rambut mereka bisa jadi penyebab kerontokan bila ikatan rambutnya terlalu kencang atau mengikat rambut dalam waktu yang lama.

Faktor Keturunan
Bila orangtua anda sering mengalami  masalah kerontokan, kemungkinan anda pun memiliki resiko mengalami masalah kerontokan pula.

Kehamilan
Fenomena kerontokan rambut yang terjadi setelah kehamilan, operasi besar, dan  penurunan berat badan disebut dengan telogen effluvium. Wanita yang mengalami telogen effluvium menyadari kerontokan setelah usi kehamilan 6-12 minggu.

Kulit Kepala Tidak Sehat
Kulit kepala yang tidak sehat dapat menimbulkan peradangan yang mengakibatkan rambut sulit untuk tumbuh. Ketombe dan  menggunakan shampo yang tidak cocok adalah beberapa penyebab kulit kepala menjadi tidak sehat.


Mengatasi Rambut Rontok secara Alami

Kulit Apel
Apel mengandung polifenol yang dapat mengatasi masalah kerontokan. Haluskan kulit apel, lalu bubuhkan pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Kuning Telur
Oleskan kuning telur di kulit kepala, pijatlah kulit kepala selama 15 menit. Setelah itu cuci rambut hingga bersih dengan shampo. Lakukan treatment ini beberapa kali dalam seminggu

Minyak Zaitun
Teteskan empat hingga lima tetes minyak zaitun pada rambut setelah keramas, lalu pijat dengan lembut kulit kepala anda. Baiknya dilakukan malam hari agar minyak zaitun terserap sempurna. Pada pagi harinya cucilah rambut dengan shampo sampai bersih. Minyak zaitun dapat meningkatkan proses pertumbuhan rambut.

Teh Hijau
Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat mengatasi kerontokan, meningkatkan pertumbuhan  rambut, dan menjaga rambut agar tetap sehat.

Bawang Putih atau Bawang Merah
Haluskan bawang merah atau bawang putih. Lalu oleskan pada rambut sebelum anda tidur, pada saat pagi hari bilaslah dengan shampo hingga bersih.

Anda dapat mencoba tips-tips di atas untuk mengatasi masalah kerontokan yang anda alami, selamat mencoba.. Baca : Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Berlangganan untuk email update gratis: