Punya Masalah Bau Mulut? Ini Ampuh untuk Mengatasinya


Punya Masalah Bau Mulut? Ini Ampuh untuk Mengatasinya
Punya Masalah Bau Mulut? Ini Ampuh untuk Mengatasinya. Bau mulut menjadi salah satu masalah yang membuat seseorang merasa tidak percaya diri jika harus berbicara dengan orang lain dengan jarak yang dekat, bau mulut memang sangat mengganggu karena membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman ketika harus berbicara dengn jarak yang dekat. Masalah ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya mengkonsumsi makanan yang memiliki bau yang menyengat seperi petai dan jengkol, menggosok gigi yang salah hingga infeksi pada mulut.

Bau mulut memiliki dampak yang cukup buruk saat berada dilingkungan sosial, bagi mereka yang memang menyadari memiliki masalah bau mulut, tentu mereka merasa tidak percaya diri dan minder untuk bermain berkelompok dengan waktu yang lama. Hal ini memang membuat seseorang yang berada di dekat kalian tidak nyaman ketika harus berbincang dengan waktu yang lama dengna kalian. 

Namun kekhawatiran ini bukanlah suatu hal yang sulit atau bahkan tidak bisa dihilangkan, kalian yang memiliki masalah bau mulut, sebaiknya mulai melakukan hal - hal yang mampu untuk mengatasi masalah ini. Berikut beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah bau mulut, diantaranya :

Mulai Menyikat Gigi dengan Cara yang Benar
Mulai Menyikat Gigi dengan Cara yang Benar
Jika selama ini kalian hanya menyikat gigi dengan cara yang asal tanpa memperhatikan cara yang benar, maka hal tersebut perlu kalian ubah. Menyikat gigi yang salah justru bisa menjadi pemicu bau mulut yang selama ini kalian alami. Seperti dilansir pada hellosehat.com, menyikat gigi yang benar dapat dilakukan dengan cara menyikat gigi geraham, dan gigi belakang, dilanjut dengan menyikat gigi bagian depan secara vertikal,  dan menyikat gigi secara menyeluruh dan pelan - pelan. Waktu yang sebaiknya kalian gunakan untuk menyikat gigi yaitu sekitar 3 atau 5 menit hingga seluruh sisa makanan dan bakteri yang menempel dapat terangkat.

Ketika kalian sudah menyikat seluruh gigi, biasanya ada hal yang terlupakan, yaitu menyikat lidah. Banyak orang yang belum mengetahui pentingnya menyikat lidah saat menyikat gigi, menyikat turut serta lidah mampu mengurangi bau mulut yang kalian alami. Setelah semua selesai, kalian dapat langsung berkumur untuk menghilangkan busa atau pasta gigi pada sela gigi kalian.

Menggunakan Kayu Manis
Menggunakan Kayu Manis
Kayu menis memang memiliki aroma yang enak, disamping itu kayu manis memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya yaitu dapat kalian manfaatkan untuk mengurangi bau mulut, bagaimana cara yang dapat dilakuka untuk mengurangi bau mulut dengan kayu manis?
cara yang dapat ditempuh yaitu dengan berbagai macam cara, kalian dapat mengkonsumsinya atau haya dengan memanfaatkan sarinya saja.

Untuk meminum kayu mais, kalian dapat mencari teh yang menggunakan ekstrak kayu manis. Dengan cara yang praktis, kalian hanya perlu menyeduh teh kayu manis dengan segelas air panas dan meminum teh kayu manis tersebut. Namun jika kalian sulit untuk menemukan teh kayu manis, kalian dapat menggunakan kayu manis asli yang banyak dijual di toko dengan cara merebusnya.

Setelah kayu manis direbus hingga airnya mendidih atau kira - kira sudah direbus dengan waktu 10 hingga 15 menit, kalian dapat mendinginkannya dan menggunakan air rebusan tersebut sebagai cairan kumur. Sebaiknya metode berkumur dengan cairan kayu manis ini dilakukan dengan secara rutin hingga bau mulut kalian menghilang perlahan lahan, atau kalian dapat berkumur menggunakan rebusan kayu manis setelah makan.

Mengenai penggunaan kayu manis ini, kalian dapat memanfaatkan bahan lain guna menjadi campuran saat membuat cairan yang digunakan untuk berkumur. Kalian dapat mencampur kayu manis dengan beberapa bahan diantaranya, sari apel, adas, madu dan lemon.

Rebusan Daun Sirih
Rebusan Daun Sirih
Daun sirih memang terkenal menjadi salah satu daun yang memiliki khasiat untuk mengobati atau mencegah berbagai penyakit. Selain mudah ditemukan, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memanfaatkan daun sirih ini. Cara yang dapat kalian lakukan dengan menggunakan daun sirih yaitu membuat obat kumur dengan cara merebusnya. Hal yang perlu kalian siapkan yaitu 3 lembar daun sirih yang baru dipetik, cuci terlebih dahulu sebelum dimasukkan dan direbus, lalu rebus daun sirih dengan 2 atau 3 gelas air. 

Untuk waktu merebus, kalian hanya perlu merebus dengan waktu 10 hingga 15 menit hingga air mendidih dan air memiliki warna. Angkat dan tiriskan, lalu kalian bisa langsung menggunakan air tersebut untuk berkumur. Berkumurlah 2 atau 3 kali dalam sehari untuk hasil yang terbaik. Cara lain yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan bau mulut dengan daun sirih, namun dengn cara yang lebih simpel, kalian juga dapat langsung mengunyah daun sirih. Namun cara ini memang lebih sulit karena rasa menyengat dari daun ini terkadang membuat orang enggan melakukannya.

Menggunakan Air Garam
Menggunakan Air Garam
Lebih mudah, murah dan praktis, tidak perlu menggunakan bahan yang sulit dicari, setiap orang pasti memiliki bahan ini. ya, dengan menggunakan garam masak. Setiap orang memiliki bahan yang satu ini, jika kalian memang tidak memilikinya kalian akan mudah untuk mendapatkan garam di toko atau supermarket. Selain mudah ditemukan, garam juga memiliki harga yang sangat terjangjau, penggunaan yang sedikit juga membuat kalian dapat menggunakannya berkali - kali.

Untuk memanfaatkan garam, kalian dapat menggunakannya untuk berkumur - kumur. Namun kalian harus mencampurkan garam dengan air terlebih dahulu, garam yang kalian gunakan untuk dilarutka dalam satu gelas air yaitu sebanyak 1 hingga 2 sendok saja, setelah itu aduk selama 1 menit agar garam dapat larut sepenuhnya. Selanjutnya, air garam siap untuk digunaka sebagai obat kumur, lakukan secara rutin agar bau mulut kalian dapat hilang dengan menyeluruh.

Menggunakan Minyak Kayu Putih
Menggunakan Minyak Kayu Putih
Siapa sangka khasiat minyak kayu putih juga guna menghilangkan bau mulut, biasanya memang minyak kayu putih hanya dimanfaatkan sebagai minyak gosok yang mampu untuk menghilangkan mual, batuk, pilek hingga masalah pernapasan. Namun minyak kayu putih dapat kalian manfaatkan sebagai bahan campuran untuk cairan kumur guna menghilangkan bau mulut.

Ketika menggunakan minyak kayu putih ini, sebaiknya kalian tidak perlu menetaskan terlalu banyak minyak kayu putih ke dalam air. Kalian hanya memerlukan 3 hingga 4 tetes minyak kayu putih dan dilarutkan dengan air. Metode ini memang hampir sama dengan cara diatas, haya bahan campurannya saja yang berbeda. Setelah minyak kayu putih tercampur rata, kalian dapat langsung menggunakannya untuk berkumur - kumur. 

Lihat juga: Cara Menghilangkan Bau Ketiak.

Setelah berkumur dengan minyak kayu putih, kalian dapat membilasnya menggunakan air biasa. Kalian dapat melakukan dengan menggunakan cara ini sebanyak 2 atau 3 kali setiap harinya, serta lakukan dengan rutin hingga bau mulut benar - benar pergi.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghailangkan bau mulut yang kalian alami, dengan bahan yang murah dan alami, tentu tidak ada efek samping yang akan dialami jika melakukan cara ini secara rutin dan terus menerus. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba. 

Berlangganan untuk email update gratis: