Solusi Mengatasi Anak yang Susah Makan


Mengatasi Anak yang Susah Makan
Mengatasi Anak yang Susah Makan. Setiap orang tua menginginkan anaknya memiliki pola makan teratur dan cukup, karena makan yang cukup dan teratur maka membuat nutrisi anak dapat tercukupi dan aktivitas anak dapat tetap berjalan dengan lancar karena energi yang dimilikinya tidak kurang. Namun ketika anak mulai sulit makan dan pola makannya tidak teratur, maka hal tersebut akan berdampak buruk pada anak.

Dampak buruk yang dapat dirasakn oleh anak yaitu diantaranya menghambat pertumbuhan, kekurangan gizi dan mudah timbul penyakit. Jika penyakit mudah timbul, hal tersebut dapat menimbulkan kepanikan untuk orang tua, terlebih anda adalah baru pertama kali dalam memiliki anak. Selain itu, dampak kekurangan gizi dan anak yang sering terserang penyakit mmebuat anak memiliki fisik yang lemah dan tidak bersemangat, dengan begitu maka sebagian aktivitasnya dapat terganggu.

Namun bagi anda yang memiliki anak kecil yang susah makan tidak perlu panik atau bingung untuk mengatasinya, karena banyak hal yang dapat dilakukan agar anak anda kembali makan dengan mudah dan teratur, berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan:

Buatlah Makanan yang Menarik
Buatlah Makanan yang Menarik
Saat ini semakin banyak makanan - makanan dalam bentuk unik namun tetap segar dan menyehatkan, salah satu yang dapat anda lakukan sebagai orang tua yaitu dengan menghias makanan agar terlihat lebih menarik. Kreasi bento bisa menjadi salah satu pilihan anda, untuk membuat bento saat ini tidak terlalu sulit dan tentunya tidak menghabiskan waktu yang terlalu banyak. Meskipun membuat bento terlihat sangat rumit, namun kenyataannya tidak demikian. 

Untuk lebih memudahkan pembuatan bento, anda bisa memanfaatkan cetakan khusus yang berfungsi untuk membuat bento. Ketika membuat makanan menjadi bento, anda bisa menyuguhkan makanan yang unik dan tema yang berbeda - beda setiap harinya, selain itu kalian juga dapat menggunakan bermacam - macam sayuran yang berwarna - warni seperti wortel, brokoli dan jagung sebagai lauk anak anda.

Biasanya ketika melihat makanan yang unik dan melihat tokoh atau sesuatu yang disukainya, hal tersebut akan membuat anak anda penasaran dan akhirnya ingin mencicipinya. Dengan begitu, anak anda bisa kembali memiliki pola makan yang teratur. Tugas anda adalah terus berusaha untuk menciptakan makanan dengan bentuk yang menarik dan bermacam - macam agar anda terus bisa menyuguhkan makanan yang unik.

Menu yang Bervariasi Setiap Hari
Menu yang Bervariasi Setiap Hari
Sebagian anak kecil yang mudah merasa bosan jika sering disuguhkan makanan yang sama, hal tersebut menjadi pemicu anak anda menjadi malas untuk makan. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki anak yang mudah bosan terhadap makanan yang ada, sebaiknya anda lebih sering untuk mengganti menu makanan. Anda dapat mengubah menu makan di siang hari dengan malam hari, jika siang hari anda menyajikan telur dan sayuran sebagai lauknya, maka pada malam hari ada bisa menyajikan daging dan sayuran.

Yang terpenting adalah untuk setiap makanan yang anda berikan yaitu memiliki gizi dan nutrisi yang cukup, sehingga kebutuhan gizi dan nutrisi anak anda selallu terpenuhi dengan baik sehingga anak menjadi tidak mudah sakit dan selalu bersemangat.

Sajikan dalam Porsi yang Kecil
Sajikan dalam Porsi yang Kecil
Ketika memberikan makanan pada anda, sebaiknya sajikanlah porsi yang kecil, jika anda menyajikan makanan dengan porsi yang sangat banyak atau besar. Hal tersebut memungkinkan anak anda menjadi malas makan karena melihat makanan yang ada dihadapannya yang terlalu banyak. Untuk itu, sajikanlah makanan dalam porsi yang kecil namun tetap menyuguhkan berbagai macam makanan yang sehat dan bergizi.

Ajarkan dan ajak anak untuk Mengambil Makanan Sendiri
Ajarkan dan ajak anak untuk Mengambil Makanan Sendiri
Cara ini dapat memberikan dampak yang baik untuk anak anda, selain membuat anak menjadi banyak bergerak, hal ini dapat membuat anak belajar mandiri. Mengajari anak menjadi lebih mandiri memang sebaiknya mulai diajarkan sedari kecil, sehingga hal tersebut tidak membuat anak anda menjadi anak yang manja. Ketika anda mengajak anak mengambil makanannya sendiri, maka anak lebih bebas untuk memilih makanan mana yang akan ia makan.

Sebaliknya, jika anda menyuguhkan semua makanan yang ada di meja untuk anak anda, maka hal tersebut akan membuat anak anda malas untuk memakannya, karena terlalu banyak macam makanan atau terlalu besar porsi yang diberikan. 

Jangan Memberikan Banyak Jajanan
Jangan Memberikan Banyak Jajanan
Hal ini juga menjadi salah satu hal yang dapat membuat anak anda menjadi malas untuk makan, jika anda sudah memberikan jajanan yang banyak, maka anak sudah merasakan kenyang terlebih dahulu. Terlebih jajanan yang anda berikan adalah makanan atau minuman manis, biasanya anak malah menjadi ketagihan dan lebih suka untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis dari pada mengkonsumsi makanan pokok yang disajikan.

Lihat juga: Khasiat dan Manfaat Daun Singkong.

Jajanan yang tersedia juga biasanya kurang sehat, banyak yang mengandung pewarna atau pemanis buatan, atau mengandung pengawet makanan yang akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap kesehatan anak, belum lagi dengan masalah kebersihan yang kadang masih jauh dari kata cukup. Untuk itu, jika anda memberikan jajanan, sebaiknya pilihlah jajanan yang memiliki kebersihan dan kesehatan yang baik, serta jangan terlalu memberikan banyak jajanan. Agar anak tidak mudah merasa kenyang hingga akhirnya tidak bisa makan dengan baik dan teratur.

Jangan Memberikan Minum yang Berlebihan
Jangan Memberikan Minum yang Berlebihan
Tidak hanya anak kecil, kita pun jika di sela - sela makan terlalu banyak mengkonsumsi air, hal tersebut dapat mengakibatkan perut menjadi cepat kenyang. Oleh sebab itu, jika kalian sedang menyuapi atau memberikan makanan untuk si kecil, sebaiknya hindari memberikan minum yang terlalu banyak. Karena semakin banyak air minum yang masuk, maka akan semakin sedikit makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Normalnya berikan setengah atau satu gelas ketika makan, jika makan sudah selesai maka anda bisa memberikan minum lagi. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk membatasi konsumsi air yang berlebih yang akhirnya membuat anak anda lebih kenyang dalam mengkonsumsi air.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak anda yang susah makan, pikirkan dan persiapkan berbagai macam cara yang dapat anda lakukan ketika anak anda mulai sulit makan, sehingga anda tidak kebingungan jika hal tersebut terjadi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba cara diatas. 

Berlangganan untuk email update gratis: